Ulasan Tentang Kelebihan dan Kekurangan yang Ada Pada Kamera Analog

Dalam dunia fotografi ada dua jenis kamera yang bisa dipilih oleh penggemarnya. Jenis tersebut adalah kamera analog atau manual dan juga kamera digital. Kamera digital merupakan jenis yang banyak digunakan oleh masyarakat dan ditawarkan pasar sekarang ini. Dimana kamera ini akan dapat untuk melihat gambar yang dihasilkan secara langsung melalui layar yang ada pada kameranya. Sehingga akan sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan gambar yang terbaik dan bisa mengulang lagi apabila gambarnya dirasa kurang. Misalnya saja jenis kamera digital ini ada kamera pocket, DSLR, dan juga jenis lainnya yang akan bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Sedangkan untuk jenis kamera manual adalah kamera yang masih menggunakan film. Seperti pada jenis kamera yang banyak digunakan jaman dahulu untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus dan juga lebih teliti. Untuk jenis kamera ini akan dapat menghasilkan gambar yang terbaik. Dimana analog akan dapat untuk mempunyai sinyal untuk mendapatkan gambar lebih baik. Kamera manual ini juga mempunyai instrumen yang akan dapat untuk membuat hasil gambar mempunyai cahaya yang lebih terang seperti dengan fitur light meter yang ada pada jenis kamera manual ini.

Pada umumnya, bagi Anda yang ingin membeli jenis kamera analog ini akan mempunyai beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti misalnya:

  • Bisa untuk menikmati proses memotret karena memerlukan proses seperti dari memotret dan kemudian mencetaknya sendiri. Sehingga akan mendapatkan hasil gambar dengan proses yang lebih memuaskan.
  • Untuk harga dari kamera manual ini juga akan lebih murah daripada jenis lainnya. Oleh karena itulah banyak yang lebih memilih jenis ini karena bisa didapatkan dengan harga terjangkau.
  • Cahaya untuk hasil gambar pada jenis kamera ini akan lebih baik daripada jenis kamera digital.

Sedangkan untuk kekurangan yang akan didapatkan apabila Anda memilih jenis kamera ini adalah sebagai berikut ini:

  • Harus mengatur setting dan juga menghafal semua komponen pada setingnya untuk mendapatkan kualitas gambar yang terbaik.
  • Harus menghafal semua efek yang ada pada kamera ini untuk membuat gambar yang lebih bagus dan tidak memotret dengan efek yang salah.
  • Harus membeli roll film kamera yang harganya mahal dan juga susah ditemukan.
  • Harus mencetak film tersebut dan membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Beberapa hal tersebut menjadi pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli kamera analog ini. Dimana untuk jenis kamera manual ini memang akan lebih menguntungkan dari segi kualitas gambar yang dihasilkan dengan pencahayaan yang baik. Tetapi dari segi biaya akan menghasilkan biaya yang banyak karena butuh untuk membeli film kamera pada saat akan digunakan dan hanya bisa untuk memotret beberapa gambar saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *