Trik Service Kamera yang Sedang Error dengan Mudah

Setiap orang yang menggunakan smartphone tentunya pernah mengalami satu atau dua gangguan yang menyebabkan kita harus memperbaikinya. Salah satu masalah yang akan cukup mengganggu adalah beberapa fitur utama, seperti kamera. Jika masalah tersebut bisa diatasi sendiri, orang akan cenderung mengatasinya sendiri, namun ada pula jenis gangguan yang hanya bisa diatasi oleh tukang service kamera. Masalah satu ini akan sangat mengganggu. Jika pada saat yang sangat penting lalu tiba-tiba kamera Anda error, tentunya hal ini sangat membuat kesal.  

Trik Service Kamera yang Sedang Error dengan Mudah

Berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya, antara lain:

  1. Reboot Ponsel. Metode ini adalah dengan me-reboot ponsel, setelah itu lepas baterai, memori card, serta kartu SIM. Tunggu beberapa saat kemudian pasang kembali.
  2. Hapus data aplikasi. Masalah kamera yang tidak bisa terhubung, bisa jadi penyimpanan dalam android Anda penuh. Hal ini dapat diantisipasi dengan menghapus data aplikasi di android Anda.
  3. Hapus data aplikasi kamera. Diketahui bahwa yang bermasalah adalah kamera, tentu Anda harus memastikan menghapus data aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa lakukan dengan membuka menu Pengaturan-Setelan Tambahan-Manajemen Aplikasi-Semua-Cari Kamera-kemudian paksa berhenti.
  4. Pakai aplikasi kamera lainnya. Sebelum Anda terburu-buru ingin melakukan service kamera ke tukang service, sebaiknya pakai aplikasi kamera lainnya yang banyak tersedia di App Store. Jangan hanya terpaku pada kamera bawaan android Anda.
  5. Scan antivirus. Kamera yang tidak mau terhubung bisa juga karena kamera terjangkit virus. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan men-scan dengan aplikasi antivirus untuk memastikan sekaligus menghapus virus tersebut. Beberapa aplikasi antivirus yang bisa Anda pertimbangkan adalah Avast, AVG, dan 360 Security.
  6. Reset Android Anda. Anda bisa melakukan peresetan Android. Buka menu pengaturan dan pilih pengaturan tambahan, pencadangan kemudian reset.
  7. Bongkar ponsel. Tak hanya software, kerusakan atau gangguan kamera dapat disebabkan oleh hardware, oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda membuka Android tersebut kemudian melakukan sedikit pemeriksaan seperti adakah kabel kamera yang putus, atau bagian kamera yang kotor.
  8. Factory Reset. Metode yang terakhir ini adalah jika Anda benar-benar tidak bisa menyelesaikan gangguan kamera. Reset ini bersifat permanen dan tidak bisa dibatalkan, maka sebelum merest, lebih dulu cadangkan data Anda.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika suatu saat kamera Anda mengalami masalah serupa. Hal-hal tersebut tentunya bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke counter android untuk meminta bantuan service kamera. Jika dari ke semua langkah di atas tidak ada yang berhasil memulihkan keadaan kamera Anda, maka disarankan untuk menemui ahlinya di counter-counter terdekat. Jangan sampai, ponsel menjadi semakin parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *