Trik Perawatan Kamera Terbaik Bisa Anda Lakukan dengan Menerapkan Kiat Berikut!

Bagi siapa saja yang memiliki kamera apapun jenisnya usahakan paham metode perawatan kamera yang sesuai dengan tipe yang dimiliki. Kamera baik yang murah sampai yang mahal dijamin akan memerlukan perawatan secara cermat. Terlebih untuk kamera digital jenis DSLR dan kamera mahal lainnya, terdapat banyak bagian yang mudah sekali rusak. Maka jika mengabaikan perawatan otomatis kamera dengan kualitas nomor satu pun akan memiliki rentan usia pendek ketika dimiliki. Nah, sudahkah Anda mengecek kondisi kamera kesayangan?

Trik Menjaga Kamera Tetap Awet

Kamera yang bagus memang butuh perlakuan khas dan lebih sehingga luangkan waktu minimal di akhir pekan untuk merawat kamera yang dimiliki. Supaya awet perawatan untuk kamera terbaik usahakan mengaplikasikan beberapa trik di bawah ini:

Baca juga: Cara Melakukan Perawatan Kamera dengan Cara yang Benar

  • Menjaga kebersihan kamera secara keseluruhan,

Kamera yang kotor akan merusak komponen sensitif di dalamnya, bahkan bagian lensa pun akan mudah error saat terkontaminasi dengan debu atau kotoran jenis lain. Pemilik kamera pun pada akhirnya sangat wajib memperhatikan kebersihan senjata fotografi ini, sehingga jauh lebih awet dari seharusnya.

  • Jauhkan dari resiko goresan dan guncangan,

Kamera yang jatuh tentu akan langsung error, maka hindari resiko ini dengan menggunakan tas khusus kamera. Tas khusus ini akan membantu melindungi kamera dari resiko tergores sampai berbenturan dengan barang bawaan lainnya. Meski perawatan kamera satu ini terdengar mudah banyak orang malah memandangnya sebelah mata. Padahal goncangan sedikit saja yang membuat kamera bertumbukan dengan benda keras di tas bawaan bisa menimbulkan kerusakan. Yakin, sudah rela kamera mudah error dan biaya service selalu jatuhnya mahal?

  • Simpan di tempat yang bebas kelembaban,

Penyimpanan kamera pun baiknya dikeluarkan dari tas agar tidak mudah lembab dan memicu kerusakan fatal. Kemudian tempatkan pada ruang penyimpanan yang bebas dari kelembaban alias kering secara total. jauhkan lemari dari kemungkinan menempel ke dinding sebab bisa menyerap kelembaban yang berasal dari dinding. Beri jarak agar kamera yang tersimpan di dalamnya tidak rusak karena terkena kelembaban dan menghasilkan air dengan sendirinya. Keluarkan sesekali untuk mendapat angin dan pergunakan untuk menjepret secara asal agar performanya terjaga.

  • Berikan service secara berkala,

Sama seperti kendaraan bermotor dan roda empat, rupanya kamera pun memerlukan service secara berkala. Jadi, jangan hanya mengunjungi tempat service kamera terpercaya jika kamera dalam kondisi rusak. Service ini akan membantu mengecek kondisi kamera secara keseluruhan sehingga tahu betul mana komponen yang perlu diganti dan apakah tidak memerlukan penggantian sama sekali. Pilih tempat service terpercaya supaya perawatan kamera benar-benar aman dan tidak ada onderdil original yang dicuri kemudian diganti dengan yang tiruan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *