Trik Perawatan Kamera Supaya Aman dan Tetap Bagus

Kamera adalah salah satu senjata yang penting untuk para pencinta fotografi. Tanpa adanya kamera tentu akan terasa kurang lengkap sehingga kamera menjadi benda yang begitu penting untuk anda miliki. Terlebih saat ini muncul berbagai jenis kamera yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan budget sehingga bisa memenuhi keinginan anda. Dari sekian banyak jenis kamera yang saat ini banyak bermunculan di pasaran, kamera mirrorless dan DSLR merupakan yang banyak diminati meskipun harganya cukup mahal. Namun perlu anda ketahui juga bahwa hal yang terpenting dari memiliki sebuah kamera tidak hanya ketika memakainya melainkan juga perawatan kamera tersebut.

Trik Perawatan Kamera Supaya Aman dan Tetap Bagus

Dengan memperhatikan dan menerapakan perawatan kamera secara tepat maka nantinya membuat kamera anda lebih awet dan bisa terus berfungsi dengan baik meskipun dipakai bertahun-tahun. Untuk itulah sebaiknya mulai dari sekarang biasakan untuk merawat kamera sebab ada beberapa trik sederhana yang bisa anda lakukan sendiri mulai dari sekarang. Nah, untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan trik merawat kamera agar aman dan tetap bagus untuk menambah wawasan dan referensi anda.

Cara Perawatan Kamera yang Benar

  1. Perawatan kamera yang pertama adalah dengan membersihkan kamera tersebut secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus kamera. Selain itu gunakan kain yang lembut atau cotton bud untuk membersihkan bagian kamera yang kcil sehingga kotoran atau debu yang menempel pada kamera bisa terangkat.
  2. Dalam melakukan perawatan kamera, upayakan pula untuk menjauhkan kamera anda dari air. Upayakan supaya kamera tersebut tidak basah kecuali memang kamera anda merupakan jenis waterproof atau weather sealed. Sebab air yang mengenai kamera bisa menyebabkan komponen kamera menjadi rusak terutama yang bagian dalamnya akibat komponen dalamnya lembab.
  3. Selain itu perhatikan pula cara menyimpan kamera yang benar. Sebab suhu dan tempat yang cenderung lembab akan membuat kamera anda mudah terkena jamur. Hal tersebut ternyata berbeda dengan suhu yang dingin dan panas yang stabil. Untuk itulah biasanya masing-masing kamera memiliki panduan standar suhu dan tempat untuk menyimpan kamera. Anda bisa memakai dry box supaya kamera anda tidak mudah terkena jamur akibat suhu sekitar yang lembab.
  4. Upayakan untuk sering menggunakan kamera anda sebab jika terlalu lama disimpan dan tidak digunakan maka akan membuat kamera tersebut mudah kotor. Untuk itulah daripada hanya disimpan di dalam tas, sebaiknya kamera anda tersebut gunakan untuk memotret objek apapun supaya tombol kamera tidak menjadi kaku dan bisa terus berfungsi dengan baik.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Demikianlah penjelasan mengenai trik perawatan kamera supaya aman dan tetap bagus yang perlu anda ketahui. Bagi anda yang saat ini sudah memiliki kamera sebaiknya cobalah untuk menerapkan trik di atas sehingga kamera anda akan terawat dengan baik dan bisa berfungsi secara optimal untuk mengambil gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *