Tips Sebelum Membeli Kamera Bekas 2017

Tips membeli kamera bekas ini, semoga bisa menjadi referensi Anda sebelum menentukan kamera second yang ingin Anda beli. Karena bagaimanapun saat Anda hanya mempunyai budget terbatas dan hanya bisa membeli kamera second butuh sedikit tips, biar tidak tertipu maupun salah beli.

Di bawah ini beberapa pakar dalam dunia fotografi memberikan tips dan kiat sebelum membeli kamera bekas, dengan tepat dan benar. Hal-hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga:  Tips Mendapatkan Harga Lensa Kamera Bekas Secara Murah

  • Berdasarkan Dana

Ini adalah cara paling cepat menentukan kamera, karena budget buat kebanyakan orang pasti ada batasnya. Budget yang kami maksud termasuk semua asesoris dasar fotografi, yaitu kamera dan lensa, tas kamera, kartu memori, filter dan alat bersih-bersih kamera tentunya. Untuk asesoris dasar ini, sediakan setidaknya 1 juta. Kami anggap untuk pemula menggunakan lens kit, maka gambaran memilih kamera adalah:

   Minimal (kurang dari 5 juta)

   Bisa beli kamera bekas atau second hand seri pemula, cari lah yang kondisi nya masih baik dan terawat. Kamera lawas yang dirilis 2 sampai 4 tahun yang lalu tidak akan terlampau jauh kualitas foto yang dihasilkan dengan kamera pemula keluaran terbaru. Contohnya adalah Nikon D3100, D3000, D70, D40, Canon 1000D dan 1100D.

   Menengah (dibawah atau mendekati 10 juta)

   Ini adalah budget yang ideal untuk memulai hobi fotografi, kita bisa memilih kamera seri prosumer keluaran baru atau kamera lawas yang setingkat lebih tinggi dari kamera pemula. Contohnya Nikon D5100, D90, D300, D200, D80 atau Canon 450D, 500D, 550D.

  • Berdasarkan Objek Foto

Semua kamera pada dasarnya dapat digunakan untuk memfoto apa saja, tetapi untuk memperoleh hasil maksimal, apalagi dengan dana terbatas kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Objek foto ini nantinya akan menentukan aliran fotografi kamu sendiri, misalnya:

   Segala macam, mungkin ini adalah jawaban klasik dari pemula atau orang-orang yang belum memiliki kekhusuan dalam fotografi. Biasanya kalangan fotografer profesional hanya fokus pada satu atau sedikir saja aliran dari fotografi. Jika kita belum terlalu paham apa yang mau kita foto, maka membeli kamera digital dengan lensa kit adalah pilihan yang paling aman. Malah jangan-jangan kamu belum membutuhkan DSLR! Atau DSLR digunakan sebagai bagian dari gaya hidup? Itu sih pilihan masing-masing ya.

   Buat jalan-jalan, event dan kegiatan sehari-hari, masih memungkinkan untuk lebih baik menggunakan kamera pocket/saku saja, kecil, simpel dan tidak bikin pusing saat nanti minta bantuan teman untuk bantu jepret. Karena jangan dikira bahwa dengan menggunakan DSLR, otomatis foto kita akan langsung jadi wah, belum tentu! DSLR dengan penggunaan yang tepat cocok digunakan di sini untuk mendapatkan foto yang lebih jernih atau untuk keperluan cetak ukuran lebih besar.  Pilih saja kamera kecil  dan gampang dibawa seperti Nikon D3100 dan D5100 atau Canon 1100D dan 550D.

   Model dan portrait, dalam tahap ini barulah kita benar-benar membutuhkan DSLR, kalau kita cenderung menggunakan kamera untuk model dan portrait ini, maka budget sebaiknya disisihkan lebih besar ke lensa, karena untuk mendapatkan foto yang maksimal nantinya memerlukan lensa fix bukaan besar atau lensa medium hingga tele untuk menghasilkan bokeh yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *