Tips Perawatan Kamera Aksi

Kamera aksi atau action cam merupakan salah satu jenis kamera yang saat ini banyak digunakan oleh para pecinta fotografi, bentuknya yang mungil serta bisa digunakan untuk beragam kondisi dan keadaan seperti di dalam air memang membuatnya banyak digemari. Meski kamera ini berukuran mungil tapi harus tetap dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak, dan berikut ini adalah tips perawatan kamera aksi yang bisa diaplikasikan:

  1. Bersihkan Kamera

Menjaga kebersihan kamera merupakan hal utama yang harus dilakukan. Bersihkan action cam secara rutin, khususnya ketika selesai digunakan, hal ini untuk menghindari debu, noda, serta air laut yang bisa mengurangi kemampuan action cam. Sebelum disimpan setelah digunakan sebaiknya kamera dibersihkan dengan teliti.

  1. Rendam Air Sebelum Disimpan

Apabila ingin menggunakan action cam untuk keperluan senorkeling di laut, sebaikya rendam action cam berikut waterproofnya ke dalam air biasa terlebih dahulu agar waterproofnya tahan lama dan tetap awet. Setelah dilakukan perendaman, langkah selanjutnya adalah mengeringkan action cam menggunakan tisu lensa.

  1. Simpan dalam Wadah Khusus

Tak hanya kamera DSLR yang harus disimpan dalam boks khusus agar awet, akan tetapi action cam juga harus disimpan dalam wadah khusu agar aman dari segala macam gangguan. Untuk membeli wadah khusus atau dry box ini bisa di tempat penjualan aksesoris kamera. Penggunaan dry box ini akan menghindarkan action cam dari jamur yang bisa merusak kamera.

Baca juga: INI DIA HARGA ELEKTRONIK AKHIR TAHUN UNTUK KAMERA DSLR DAN LAPTOP

  1. Beri Silica Gel

Ketika menyimpan kamera jangan lupa untuk memasukkan silica gel ke dalam box. Hal ini berguna agar kelembaban udara dalam dry box terjaga sehingga jamur tidak akan berkembang. Silica gel dapat dibeli di supermarket dengan harga yang terjangkau sekitar 15-25 ribu.

  1. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari

Jangan biarkan action cam terpapar sinar matahari secara berlebihan dan terus menerus karena suhu panas yang tinggi bisa merusak komponen penting yang ada pada action cam. Jangan lupa untuk menyimpan action cam di ruangan yang terjaga kelembabannya.

  1. Rawat Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada action cam. Untuk menjaga baterai agar tidak cepat habis bisa dengan menonaktifkan suara, LED, serta Wifi. Apabila mencharge ulang action cam, apabila sudah penuh, harus langsung dilepas dari charger untuk menjaga baterai aagar tetap awet.

  1. Service di Tempat Resmi

Tips selanjutnya untuk perawatan kamera aksi adalah dengan melakukan service di tempat resmi dan terpercaya jika terjadi kerusakan pada action cam. Hal ini perlu dilakukan agar action cam ditangani oleh pihak resmi dan bukan abal-abal.

Itulah beberapa tips perawatan kamera aksi yang bisa diaplikasikan oleh penggunanya. Harga kamera aksi yang cukup mahal tentunya harus dirawat dengan baik dengan cara yang benar agar tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *