Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Kesayangan Anda

Kamera merupakan salah satu item yang hamper setiap orang memilikinya. Baik kamera digital biasa maupun SLR. Bagi Anda yang memiliki kamera jenis DSLR mungkin perawatannya akan sedikit ribet dari kamera digital biasa. Namun kualitas jepretannya juga tidak bisa diragukan. Kamera bagus memang sering membutuhkan tenaga ekstra untuk merawatnya. Merawat kamera ini harus dilakukan dengan benar agar kamera tetap terjaga kualitas baik fisik maupun hasil jepretannya. Berikut tips yang bisa Anda ikuti:

Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Kesayangan Anda

  1. Menghindari sinar matahari langsung. Beberapa alat elektronik memang dianjurkan untuk tidak terkena paparan matahari secara langsung. Dalam hal ini kamera DSLR bisa mengalami penurunan peforma seperti cat kamera pudar. Kamera DSLR sendiri juga didesain untuk suhu tertentu, sehingga tidak boleh melebihi suhu yang dianjurkan.
  2. Merawat tombol kamera. Tombol kamera DSLR Anda mungkin sering Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Namun tahukah Anda jika tombol ini diperlakukan kasar atau terlalu bertenaga saat menekannya dapat menyebabkan tombol ini menjadi mal fungsi.
  3. Gunakan tali kamera. Item yang satu ini cukup primer bagi Anda yang suka melakukan kegiatan pemotretan outdoor. Tali ini membantu Anda mengontrol kamera agar tidak jatuh atau terpeleset saat dipegang.
  4. Rawatlah baterai kamera. Merawat kamera berarti menjaga kamera agar tidak rusak maupun mengalami masalah error. Bagian kamera yang sangat penting adalah baterai. Baterai DSLR biasanya menggunakan baterai litium yang memiliki batas umur sampai pengisian yang ke 500. Daya baterai biasanya akan melemah setelah itu. Anda harus mengantisipasi dengan penggantian setelah pengisian yang ke 500.
  5. Kebersihan lensa kamera. Tentu menjadi rahasia umum bahwa hasil bidikan kamera adalah hasil kerja dari lensa kamera. Jika kebersihannya tidak terjaga atau kotor, otomatis gambar yang dihasilkan juga tidak maksimal. Untuk itu maka bersihkan lensa kamera secara berkala dengan cairan khusus yang disemprotkan ke lap.
  6. Jauhkan kamera dari garam. Hal ini harus diantisipasi terutama jika Anda sering melakukan pemotretan di daerah pantai. Perlu diketahui bahwa pasir pantai yang mengandung garam sangat tidak baik untuk kamera Anda. Garam dapat merusak komponen logam kamera Anda.
  7. Hindarkan dari air dan kelembapan. Kecuali kamera Anda adalah tipe kamera waterproof maka jangan sekali-kali menempatkannya pada tempat yang lembab atau bahkan basah. Seperti diketahui, air adalah musuh utama dari setiap benda elektronik.
  8. Tas kamera. Tas ini berfungsi untuk melindungi kamera Anda dari benturan dan air. Sebaiknya pilihlah tas yang ringan agar mudah dibawa kemana-mana, serta kuat agar memberikan proteksi maksimal pada kamera.

Baca Juga: Tips Memilih dan Merawat Xiaomi Camera dengan Benar dan Tepat

Demikian beberapa tips merawat kamera. Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak dianjurkan untuk menjaga kamera dari kerusakan maupun error. Disarankan untuk selalu mengecek kamera secara berkala meskipun kamera tidak pernah dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *