Tips Merawat Lensa Kamera Secara Praktis Ala Fotografer

Bagi pecinta foto atau fotografer tentu kamera dan juga perlengkapan pendukung lainnya itu merupakan harta yang paling penting sekali. Karena hal itu tidak sedikit fotografer yang melakukan perawatan dengan baik dan tepat. Banyak kerusakan yang bisa saja terjadi pada kamera, salah satu hal yang sering terjadi bagian lensa. Padahal banyak sekali tips merawat lensa kamera secara tepat yang bisa Anda lakukan secara mudah. Seperti lensa yang berjamur, meskipun terlihat sepele ini merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu sekali ketika kamera digunakan.

 Tips Merawat Lensa Kamera Secara Praktis Ala Fotografer

Hasil jepretan yang kurang maksimal itu bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah kebersihan dari kamera. Dampak besar yang terjadi akibat kamera yang tidak bisa maksimal, seperti yang dikatakan diatas yaitu dari bagian lensa. Makanya sebelum membeli, ada baiknya untuk memperhatikan secara baik cara perawatan lensa secara tepat. Berikut ini ada beberapa tips perawatan yang tepat ala fotografer yaitu:

  • Jaga kebersihan lensa.

Bagian lensa untuk sebuah kamera itu ibarat mata yang tentu jika mengalami kerusakan akan berpengaruh pada hasil gambarnya. Makanya perlu untuk menjaga kebersihan secara baik seperti menghindarkan dari debu, hindari menyentuh lensa langsung dengan jari dan beberapa hal lainnya.

  • Gunakan kertas atau kain untuk membersihkan.

Jika memang lensa yang ada pada kamera Anda mengalami ketidaksengajaan tersentuh atau terkena debu jangan khawatir. Ada bisa mencoba untuk menggunakan kertas ataupun kain dengan tekstur halus supaya tidak merusak bagian lensa. Ini merupakan tips merawat lensa yang mudah tetapi masih banyak yang melakukan kesalahan.

  • Hindari suhu ekstrim.

Bagi seorang fotografer dengan jadwal yang pada pasti sibuk sekali, bisa saja malam yang job dibagian ruangan AC ternyata pagi harus job outdoor dan siang ditempat dingin. Pergantian suhu yang ekstrim seperti itu sadar tidak sadar dapat membuat kamera Anda bermasalah.

  • Gunakan filter.

Kegiatan mengambil gambar pada luar ruangan seperti lapangan ataupun lainnya itu pasti sangat beresiko besar kamera terkena debu dan kotoran lainnya. Nah, untuk menghindari masalah yang semakin berkepanjangan akibat debu tersebut Anda bisa gunakan filter atau pelindung lensa.

  • Teliti saat membongkar dan memasang.

Membersihkan kamera memang perlu disetiap bagiannya, makanya terkadang perlu pula untuk melakukan pembongkaran. Nah, ketika Anda melakukan hal itu ada baiknya untuk melakukan secara perlahan dan hati-hati.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Demikian beberapa tips yang bisa Anda contoh untuk membuat kamera yang Anda miliki semakin awet dan tentunya tidak mengalami masalah begitu berat. Memang bisa dikatakan tips merawat lensa kamera itu susah-susah gampang. Tetapi jika Anda melakukan dengan baik dan tepat tentu hal itu akan lebih mudah lagi. Untuk mendapatkan lensa yang tetap awet Anda bisa menggunakan peralatan perlindungan yang tepat dan membeli melalui toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *