Tips Merawat Lensa Kamera Agar Lebih Awet Meski Sering Digunakan

Kamera adalah alat yang bisa digunakan untuk mengambil objek tertentu dan merekamnya baik itu dalam bentuk gambar, foto, ataupun video. Kamera ini mempunyai banyak komponen pada umumnya yang dapat untuk mendukung fungsi kamera agar dapat berguna dan bermanfaat digunakan. Salah satu komponen kamera tersebut adalah lensa kamera yang merupakan bagian kaca pada kamera. Komponen ini perlu untuk mendapatkan perawatan khusus sehingga bisa membuatnya awet digunakan. Karena harga yang harus dikeluarkan untuk membeli lensa tersebut tidak murah dan bisa jadi lebih mahal daripada kamera itu sendiri. Oleh karena itulah Anda harus merawat lensa ini dengan tepat, yang bisa menggunakan beberapa cara mudah seperti berikut ini:

  • Menjaga kebersihan lensa

Poin utama dari merawat lensa tersebut adalah dengan menjaga kebersihannya. Dan hal tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti dapat untuk selalu membersihkan debu yang ada dan menempel pada lensa. Selain itu juga ketika membersihkan lensa, hindari untuk melakukan kontak langsung atau sentuhan pada lensa dengan jari tangan Anda. hal tersebut akan membuat lensa menjadi lembab dan juga akan meninggalkan bekas. Sehingga akan lebih baik untuk membersihkannya harus menggunakan kain yang lembut agar nantinya tidak meninggalkan noda dan bekas pada lensa.

  • Menghindari suhu ekstrim

Tips perawatan lensa yang kedua adalah dengan menghindari suhu yang ekstrim. Apabila lensa kamera digunakan saat cuaca yang ekstrim maka hal tersebut akan membuat lensanya mudah rusak. Selain tentunya hal itu bisa menghasilkan gambar yang maksimal karena pengaruh cuaca atau suhu yang ekstrim tersebut. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk menghindari menggunakan kamera dan juga lensa di tempat yang mempunyai suhu ekstrim seperti di pegunungan, gurun, dan goa secara terus menerus.

  • Memasang filter

Tips aman selanjutnya untuk dapat melindungi lensa adalah dengan memasang filter. Anda bisa untuk menggunakan filter yang bisa melindungi lensa tersebut misalnya adalah filter UV yang akan sangat cocok digunakan untuk tempat yang panas. Selain itu ada juga beberapa filter lainnya yang dapat untuk melindungi dari debu dan juga dapat melindungi dari benturan-benturan sehingga lensa tidak mudah rusak dan lecet.

  • Mematikan tombol af dan vr

Dan tips untuk dapat melindungi dan perawatan lensa kamera yang terbaik adalah dapat untuk mematikan tombol af dan juga vr. Ketika menyimpan lensa tersebut dan ketika sedang tidak digunakan, akan lebih baik untuk Anda mengubah pengaturan terlebih dahulu dari autofocus ke mode manual. Selain itu juga lubang pengaturan VR yang akan bermanfaat untuk dapat menjaga fungsi lensa apabila terjadi guncangan dan tidak merusak ring focus dan juga kinerja motorik pada lensa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *