Tips Merawat Kamera Mirrorless yang Tepat dan Wajib Anda Pahami

Mirrorless merupakan salah satu bentuk kamera yang sangat populer beberapa waktu belakangan ini. Bagaimana tidak, dengan kepraktisan yang ada pada kamera membuat banyak orang tertarik memiliki. Jika dibandingkan dengan DSLR memang jauh, meskipun jika dilihat dari hasilnya sama saja kedua jenis kamera tersebut. Tetapi sebelum membeli ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara pemakaian sampai dengan tips merawat kamera yang tepat. Karena akan sangat sayang jika Anda hanya mampu membeli dan menggunakan saja tanpa memahami cara perawatan yang tepat.

 Tips Merawat Kamera Mirrorless yang Tepat dan Wajib Anda Pahami

Beberapa brand kamera besar berhasil mengeluarkan kamera mirrorless dalam berbagai jenis dan harga yang sangat bervariasi. Meskipun secara rata-rata memang harga yang diberikan untuk satu buah kamera tidaklah mudah. Makanya untuk menjaga dan merawatnya sangat penting sekali mengingat harga yang mahal. Berikut ini ada beberapa tips merawat sebuah kamera jenis mirrorless yang perlu Anda pahami dari awal yaitu:

  • Perhatikan suhu penyimpanan.

Yang pertama menjaga suhu dari tempat penyimpanan kamera Anda, ini menjadi penting sekali mengingat Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang sangat besar resiko menjadikan kamera berjamur. Hindari menyimpan kamera dengan paparan sinar matahari secara langsung ataupun terlalu lembab.

  • Bersihkan secara berkala.

Bagi orang yang hanya hobi bukan pekerja fotografi tentu menggunakan kamera hanya pada moment tertentu saja. Nah, hal ini sangat penting sekali untuk Anda perhatikan yang berkaitan langsung dengan cara membersihkan. Tips merawat kamera sebenarnya sangat sederhana sekali, tergantung dari kebersihan kamera Anda. Ini dilihat dari semua bagian penting kamera yang tentu mempunyai keterkaitan antara satu dengan lainnya.

  • Berikan perlindungan.

Banyaknya produk kamera yang ditawarkan dipasaran membuat beberapa produsen menciptakan kelengkapan khusus untuk melindungi keamanan kamera. Ini penting sekali untuk Anda miliki, apalagi jika kegiatan sangat beresiko sekali menjadikan kamera rusak ataupun sebagainya.

  • Gunakan secara rutin.

Terakhir jangan lupa untuk rutin menggunakan kamera, meskipun hanya sekedar mengecek kondisinya. Jangan sampai melupakan kamera dengan mendiamkan dalam waktu yang sangat lama sekali. Hal itu tentunya akan membuat kerja dari kamera bermasalah seperti macet, kaku ataupun lain sebagainya. 

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Diatas merupakan beberapa langkah yang bisa Anda praktekkan secara langsung untuk menjaga kamera mirrorless lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Secara teori memang sangat sederhana sekali merawat kamera tetapi banyak orang yang masih salah dalam melakukannya. Makanya tujuan dari dibagi tips merawat kamera diatas itu supaya dapat memberikan gambaran atau referensi untuk mereka yang memiliki kamera supaya tidak melakukan kesalahan, terutama ketika menggunakan dan merawatnya. Sekian, semoga sedikit ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk semuanya para pembaca semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *