Tips Merawat Kamera DSLR yang Benar

Kamera DSLR merupakan kamera yang sangat familiar bagi pecinta fotografi. Hampir setiap orang memilikinya. Namun pertanyaannya adalah apakah kamera ini akan tahan lama jika hanya didiamkan saja tanpa ada perawatan apapun? Perawatan kamera ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya perawatan yang salah mungkin malah berakibat pada kerusakan pada body kamera maupun lensa. Anda bisa menyimak tips merawat kamera DSLR yang benar di bawah ini.

Tips Merawat Kamera DSLR yang Benar

Hindarkan dari Air

Sudah menjadi rahasia umum bahwa peralatan elektronik tidak akan bisa terkena air. Jika tidak rusak fungsinya, mungkin lebih fatalnya malah tidak akan nyala sama sekali. Hal ini juga berlaku pada kamera. Meskipun jika kamera Anda dikatakan sebagai kamera DSLR yang waterproof, tetap jaga-jaga dengan menjauhkannya dari air. Air dapat merusak bagian internal dari kamera. Selain itu juga menyebabkan lensa berembun. Anda cukup membersihkannya dengan cleaning kit. Cleaning kit adalah pembersih yang sudah dikhususkan untuk membersihkan kamera dari debu atau jamur.

Pastikan Lensa Kamera Bersih

Jika kebetulan Anda memiliki beberapa persediaan lensa yang tidak terpakai, tetap dianjurkan untuk membersihkannya secara teratur. Bersihkan dengan cleaning kit dengan cara menyemprotkannya pada kain lap microfiber lalu usapkan pada lensa. Jangan menyemprotkannya langsung mengenai lensa. Selain itu pasanglah lens cap jika lensa sedang tidak digunakan untuk menghindari terkena debu.

Bawa/Simpan Kamera di Dalam Tas

Siapkan tas khusus kamera jika Anda hendak pergi hunting foto. Ketika kamera sedang tidak digunakan, sebaiknya dimasukkan ke dalam tas khusus tersebut untuk menghindari dari benturan. Jangan menggunakan tas biasa karena bantalan di dalam tas pasti berbeda dan tidak bisa melindungi kamera.

Pasang Pelindung Layar Pada LCD Kamera

Perlakuan yang satu ini hampir sama dengan yang dilakukan pada perawatan handphone. Memasang pelindung pada layar LCD lensa akan menjaga layar tetap aman dari goresan, air, maupun debu.

Bersihkan Body Kamera Secara Teratur

Merawat kamera bukan hanya tentang lensanya saja yang terlihat sensitive, namun body kamera juga merupakan bagian yang memerlukan perawatan. Perawatan ini dapat berupa membersihkan bagian yang bersentuhan langsung dengan tangan hingga pada ring fokus pada lensa. Anda bisa membersihkannya menggunakan minyak kayu putih agar cepat kering atau dengan pembersih khusus kamera yang sekarang ini mudah ditemukan dimana-mana.

Penggunaan Shoulder Strap

Piranti ini penting Anda pasang pada kamera Anda. Terutama saat Anda bepergian dan mengambil gambar di sepanjang jalan. Pemakaian ini dapat menghindari jatuhnya kamera atau kamera lepas dari genggaman.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Merawat Lensa Kamera yang Paling Benar Agar Senantiasa Awet

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, hendaklah Anda dapat sejak dini merawat kamera Anda agar terawat dan tentunya awet. Perawatan berkala ini bisa dibilang gampang-gampang susah, namun kembali kepada kepedulian Anda dengan perangkat yang Anda miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *