Tips Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet

Kali ini kita akan membahas mengenai tips merawat kamera DSLR yang akan bermanfaat untuk kalian yang saat ini memiliki kamera DSLR. Seperti yang kalian tahu bahwa sekarang ini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak sekali jenis kamera yang diciptakan. Berbagai jenis kamera diciptakan adalah untuk menunjang berbagai kegiatan foto mulai dari foto ekstrem, foto keluarga dan yang lainnya.

Tips Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet

Karena memang seperti yang kalian tahu bahwa kamera merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengambil gambar dan mengabadikan setiap momen dalam hidup. Salah satu jenis kamera yang memang sudah terkenal sejak dahulu dan banyak digunakan oleh masyarakat khususnya masyarakat indonesia adalah kamera DSLR. Karena memang selain bisa menghasilkan foto yang maksimal tetapi kamera DSLR ini juga terkenal memiliki harga yang cukup terjangkau.

Namun tahukan kalian bahwa kamera DSLR ini juga rawan mengalami kerusakan apabila kalian tidak merawatnya. Maka dari itu agar kamera DSLR yang kalian miliki tetap awet maka berikut ini akan saya berikan beberapa tips merawat kamera DSLR yang kalian miliki agar tetap awet.

  1. Tips pertama yang bisa kalian gunakan adalah menjauhkan kamera dari air. Karena memang perlu kalian ketahui bahwa meskipun terdapat beberapa jenis kamera DSLR yanag waterproof tetapi usahakan untuk menjauhkan kamera dari air. Karena seperti yang kalian tahu bahwa kamera DSLR ini sangat rawan tetrhadap air.
  2. Apabila kalian ingin kamera DSLR tetap awet maka selalu perhatikan kebersihan lensa kamera kalian meskipun kamera tersebut tidak akan kalian gunakan. Kalian bisa membersihkan lensa kamera kalian menggunakan cleaning kit atau menggunakan cairan khusus lainnya.
  3. Saat kalian ingin bepergiana dengan membawa kamera maka ada baiknya apabila kalian menggunakan tas khusus sebagai tempat kamera kalian. karena tas yang didesain khusus untuk tempat kamera biasanya dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang akan menjaga kamera dari berbagai bahaya benturan.
  4. Untuk perlindungan lebih lanjut agar kamera DSLR kalian tetap  awet maka ada baiknya apabila kalian menggunakan pelindung atau screen guard pada LCD kamera. Karena screen guard tersebut akan tetap menjaga LCD kamera dari berbagai goresan atau bahaya lainnya.
  5. Perawatan lain yang bisa kalian lakukan agar kamera tetap awet adalah dengan membersihkan bodi kamera secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian bisa membersihkan bodi kamera menggunakan minyak kayu putih karena lebih cepat kering dan memiliki kandungan air yang sedikit.

Baca juga: Tips Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Selalu Siap Digunakan

Itu tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk menjaga kamera DSLR agar tetap awet. Demikianin formasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan tips merawat kamera semoga bisa menambah pengetahuan kalian mengenai  kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *