Tips Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Selalu Siap Digunakan

Kamera digital kini menjadi teman setia di perjalanan bagi sebagian besar orang. Dengan kamera digital yang selalu dibawa, Anda bisa mengabadikan berbagai moment indah yang dilalui dan juga menghasilkan gambar dengan nilai artistik tinggi. Harga sebuah kamera sendiri bisa mencapai puluhan juta sehingga tipe kamera tertentu menjadi barang mewah yang di idam-idamkan banyak orang. Jika Anda memiliki salah satunya, pasti selalu ingin kamera Anda awet agar siap digunakan sewaktu-waktu. Faktanya, cara penggunaan, penyimpanan dan perawatan kamera mempengaruhi kinerja dan keawetannya. Ingin kamera kesayangan selalu awet dan prima, berikut ini adalah tips merawat kamera digital yang harus Anda lakukan:

 Tips Merawat Kamera Digital Agar Awet dan Selalu Siap Digunakan

  • Gunakan tas yang sesuai.

Membawa sebuah kamera di perjalanan apalagi menggunakan kendaraan, membuat kamera rentan akan benturan. Untuk itu selalu masukkan kamera Anda di dalam tas yang sesuai dengan cara melepas partisinya. Kamera yang tersimpan dalam tas saat melakukan perjalanan akan aman dari benturan karena di dalam tas kamera terdapat bantalan untuk menghindarkan bodi kamera dari lecet dan kerusakan. Hal ini berbeda dengan jika Anda membawanya di leher atau di pinggang, benturan sedikit saja dengan benda keras akan meninggalkan bekas di body kamera Anda. 

  • Kebersihan.

Jaga selalu kebersihan kamera terutama setelah digunakan. Pakai kain khusus untuk membersihkan kamera terutama bagian lensa agar jernih saat dipakai untuk mengambil gambar. Anda juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kamera sesuai dengan bahan pembuat bodynya agar bersih dari debu dan partikel lain. 

  • Cara penyimpanan.

Tips merawat kamera yang penting lainnya adalah cara menyimpan ketika Anda tak akan menggunakannya dalam waktu lama. Lepaslah batre dan partisi kamera seperti lensa kemudian tempatkan pada tas yang sesuai. Anda juga bisa menutupnya dengan kain khusus sebelum dimasukkan dalam tas atau tempat lain jika tak ada tas kamera yang sesuai. Tempat menyimpan kamera harus bersih dari debu dan tak terkena cahaya matahari langsung dalam waktu lama. Pastikan lokasi tersebut tak mudah terkena percikan air yang bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada sebagian kamera. 

  • Filter lensa.

Aksesoris yang penting untuk dimiliki adalah filter pelindung lensa. Umumnya jika seorang fotografer akan berpindah lokasi pemotretan dalam lingkup yang masih dekat, dia akan memasang filter untuk melindungi lensa dari debu. Lakukan juga hal tersebut meski Anda berpindah dalam jarak yang dekat. Filter juga berfungsi untuk melindungi lensa dari benturan yang mungkin saja terjadi. 

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Dengan menerapkan tips merawat kamera di atas, kamera digital Anda akan lebih awet dan selalu prima saat akan digunakan. Bacalah buku petunjuk manual untuk menggunakan, merawat dan menyimpannya karena lain material dan seri kamera bisa saja memiliki cara perawatan yang berlainan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *