Tips Mengatur Kamera Mirrorless dari Canon untuk Para Pemula

Canon adalah satu dari banyaknya merk kamera yang terpercaya mempunyai kualitas baik dan harga yang terjangkau. Bukan saja ahli dalam kamera DSLR tetapi juga jenis kamera mirrorless dari Canon banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Mirrorless sendiri memang beberapa waktu terakhir ini mempunyai pamor yang lebih unggul dari pada lainnya. Selain dari modelnya yang nyentrik kamera tersebut juga mempunyai kualitas gambar yang cukup menarik. Bahkan dapat dikatakan hampir sama dengan foto yang dihasilkan menggunakan kamera jenis DSLR yang dinilai sudah terbaik. Diantara keduanya memang mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Kepopuleran mirrorless yang semakin meningkat membuat banyak orang jatuh cinta dan ikut dalam membelinya. Tetapi pada dasarnya sebagus apapun kamera Anda jika cara pengaturannya tidak tepat pasti akan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengatur kamera Canon mirrorless untuk para pemula yaitu:

  • Pengaturan ISO kamera.

Setelan pada ISO kamera memang sangat berpengaruh besar pada banyaknya cahaya yang dibutuhkan saat dilakukan pengambilan gambar. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan cahaya dengan ISO yang tepat. Tetapi untuk menghindari noise ataupun pengambilan yang blur ada baiknya Anda menggunakan pengaturan secara auto atau otomatis menyesuaikan kondisi.

  • White balance.

Yang tidak kalah penting adalah pengaturan white balance pada kamera Anda, hal ini akan berpengaruh pada warna baju, kulit bahkan background Anda. Tetapi sebagai pemula bisa memilih pengaturan auto pada kamera mirrorless Anda sebelum bereksperimen dengan pengaturan lainnya.

  • Fokus kamera.

Lalu ada pengaturan fokus yang tidak kalah penting dengan lainnya, cara ini dapat Anda lakukan dengan cara memutar pada bagian cincin fokus pada lensa. Secara otomatis lensa akan mengunci setelah Anda menentukan titik yang dikehendaki dan pencet tombol shutter setengah.

Baca juga: Mengulas Tentang Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kamera Mirrorless

  • Mode exposure.

Bisa dibilang ada dua jenis mode yang paling umum digunakan pada kamera pemula antara mode auto, scene ataupun program. Sebenarnya semuanya dapat Anda coba untuk menghasilkan foto yang terbaik, sesuaikan dengan kondisi yang cocok pada tempat pengambilan gambar Anda.

  • Kartu memori.

Sebagai pemula dan menggunakan kamera baru pasti Anda akan mendapatkan kartu memori, langsung masukkan dan pilih setup menu selanjutnya lakukan pengaturan atau format yang tepat.

Itulah beberapa fokus pengaturan pada sebuah kamera baru untuk para pemula, pada dasarnya DSLR dan mirrorless tidak mempunyai perbedaan yang cukup jauh. Hanya saja dalam pengaturan memang lebih sedikit rumit pada DSLR. Tetapi akan menggunakan kamera mirrorless ataupun DSLR tetap saja memerlukan pengaturan yang tepat supaya gambar yang Anda ambil bisa sesuai seperti apa yang diinginkan. Itulah sedikit informasi mengenai mirrorless semoga dapat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *