Tips Mencari Tempat Service Kamera Terbaik

Kamera dslr menjadi gadget fotografi yang saat ini banyak dicari dan dimiliki oleh para peminat fotografi. Dengan fiturnya yang lengkap, dslr menjadi pilihan bagi amatir dan profesional untuk melakukan minatnya dalam mengambil gambar. Harga dslr yang mahal membuatnya menjadi gadget kesayangan apalagi bagi para fotografer profesional yang menggunakannya untuk keperluan komersil. Namun seringnya acara pemotretan yang bukan hanya dilakukan di dalam ruangan, membuat dslr menjadi rentan rusak. Kerusakan umumnya terjadi akibat benturan, debu atau kesalahan aplikasi aksesoris. Hal ini membuat tempat service kamera menjadi lokasi yang harus diketahui agar ketika terjadi kerusakan pada kamera bisa langsung di perbaiki di lokasi tersebut.

 Tips Mencari Tempat Service Kamera Terbaik

Ada banyak lokasi yang menawarkan jasa perbaikan kamera digital termasuk dslr, namun pastinya untuk sebuah kamera yang memiliki harga hingga puluhan juta, Anda tak akan sembarangan memilih lokasi service. Memilih lokasi yang salah bisa mengakibatkan kamera Anda menjadi tambah rusak karena kesalahan di proses service. Bukan hanya itu, harga yang harus Anda bayarkan bisa saja menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan seharusnya karena kerusakan yang semakin melebar. Untuk menghindarinya, memilih tempat service yang terpercaya menjadi sebuah kewajiban. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan salah satu tempat service kamera terbaik dan bisa dipercaya: 

  • Service resmi.

Setiap produk teknologi memiliki lokasi service resmi sesuai dengan merk produksinya. Pilihan yang paling baik dan bijak adalah Anda melakukan perbaikan di service resmi tersebut sehingga terdapat standar perbaikan yang sesuai dengan spesifikasi kamera. Service resmi juga memiliki spare part original yang bisa menjadi pengganti terbaik untuk kamera Anda yang mengalami kerusakan. Harga untuk jasa servisnya memang lebih mahal namun pastinya sesuai dengan hasil perbaikannya. Untuk 1 tahun pertama pemakaian, service resmi juga memberikan masa garansi gratis untuk perbaikan yang disebabkan karena produk tersebut. 

  • Lihat jumlah pelanggan yang menggunakan jasa tersebut.

Jika Anda memilih untuk memakai jasa perbaikan kamera di luar service resmi, maka Anda bisa memperkirakan kualitas hasil perbaikannya dari jumlah pengunjung yang datang menggunakan jasanya. Semakin banyak maka bisa diasumsikan banyak yang merasa puas akan hasil perbaikan yang dilakukan. Anda juga bisa bertanya langsung dengan para pelanggan untuk memastikan pengalaman mereka menggunakan jasa perbaikan kamera di tempat tersebut. 

  • Survey terlebih dahulu.

Sebelum menyerahkan kamera untuk diperbaiki, ada baiknya Anda melakukan survey mengenai gejala dan penyebab kerusakan yang mungkin terjadi. Dengan begitu Anda bisa mengetahui budget yang perlu dipersiapkan. Tak ada salahnya mencari lebih dari satu tempat service untuk memberikan pilihan opini yang mendekati dengan informasi dari hasil survey tersebut. 

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Pilihlah tempat service kamera dengan benar karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi hasil pekerjaan dan biaya yang harus Anda bayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *