Tips Memotret Pada Malam Hari dengan Kamera Canon

Pada dasarnya kamera merupakan sebuah alat yang bekerja dengan bantuan cahaya, cahaya yang masuk kedalam lensa nantinya akan digunakan untuk mengabadikan sebuah bayangan benda. Sehingga tak heran jika seandainya hasil jepretan gambar akan semakin bagus di tempat yang memiliki pencahayaan cukup atau cerah. Lalu mungkinkan untuk mengambil gambar di malam hari? Sebenarnya bukan masalah, namun untuk pemula pastinya sering kali bermasalah dengan hasil gambar yang didapatkan ketika dilakukan pengambilan pada malam hari bukan, baik itu menggunakan kamera biasa, hingga kamera Canon sekalipun.

Memang ada teknik khusus yang harus dilakukan untuk mengambil gambar di malam hari atau dalam kondisi yang minim cahaya, sehingga nantinya hasil bisa memuaskan. Untuk Anda para fotografer pemula agaknya juga harus mengetahui hal tersebut. Berikut ini ada beberapa tips mengambil gambar pada malam hari dengan menggunakan kamera Canon agar hasilnya bisa bagus, baik itu untuk jenis fotografi biasa, maupun slow motion, diantaranya adalah:

  1. Setting aparatur, bagian yang satu ini termasuk paling penting ketika ingin digunakan menjepret dalam kondisi kekurangan cahaya, agar hasilnya tampak lebih nyata, maka setting ke bagian yang paling tajam. Hal ini berfungsi untuk menghindari noise atau blur ketika tengah dipakai dalam menjepret gambar.
  2. Setting white balance juga masuk bagian yang penting untuk diperhatikan, faktanya bukan hanya aparatur saja, keseimbangan amat sangat diperlukan agar hasil jepretan menjadi indah, lebih disarankan untuk menggunakan angka antara 3000 hingga 7000k.
  3. Hindari menaikkan ISO, umumnya ISO ini digunakan untuk membuat tampilan gambar menjadi jauh lebih cerah, namun ketika dinaikkan terlalu tinggi, apalagi pada malam hari hasilnya justru akan tampak kusam, atau noise meskipun pada beberapa bagian ketajaman objek tersebut terlihat amat jelas, untuk itu pastikan ISO tetap dalam kondisi yang normal.
  4. Memakai focal length yang pendek, ketika ingin menggunakan lensa tambahan, maka Ada dapat menggantinya dengan jenis lensa zoom atau yang dipakai untuk memperbesar gambar, komposisi memang akan berubah, namun gambar yang dihasilkan bisa jadi jauh lebih cantik dibandingkan dengan memotret menggunakan teknik biasa.
  5. Komposisi tetap menjadi bagian yang penting untuk mengambil gambar di malam hari, hal yang satu ini sering kali terlupakan, padahal sebenarnya fungsinya sangatlah penting. Tampilan gambar akan jadi lebih baik jika dibidik dalam komposisi yang benar-benar tepat atau pas.

Apapun jenis kamera yang Anda gunakan, sangat penting untuk mematuhi beberapa aturan tersebut agar hasil gambar jadi lebih bagus, khususnya ketika digunakan memotret pada malam hari. Anda bisa memakai kamera Canon seri DSLR untuk hasil yang lebih menakjubkan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *