Tips Memilih Lensa Kamera untuk Traveling

Bagi Anda yang punya hobi traveling kebutuhan yang utama pasti adalah kamera. Bagaimana tidak, spot-spot yang indah rasanya tidak bisa dilewatkan dan harus diabadikan. Hal yang harus diperhatikan adalah lensa kamera. Bagaimana lensa yang kita pakai dan apa saja perbedaan antara beberapa lensa, spesifikasi dari setiap lensa, dan lain. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan saat memilih lensa traveling Anda.

Tips Memilih Lensa Kamera untuk Traveling

Berat

Kegiatan traveling tentunya membutuhkan space yang cukup banyak, sehingga memaksa kita untuk membawa tas dengan berbagai macam isi. Hal ini harus kita antisipasi dengan membawa barang yang tidak terlalu berat. Misalkan kita membawa kamera DSLR yang rata-rata beratnya 700 gram, serta lensa dengan berat 800 gram. Jika diakumulasi maka berat kamera dan lensa yang akan Anda bawa adalah 1500 gram atau 1.5 kg. Belum lagi jika Anda masih membawa beberapa lensa lagi dalam ransel. Hal ini harus Anda antisipasi dengan membawa kamera serta lensa yang memungkinkan tidak mengganggu mobilitas Anda, karena kegiatan traveling yang umumnya berpindah-pindah tempat akan membutuhkan tenaga lebih hanya untuk menggendong kamera. Tentu saja pergelangan tangan juga akan sakit selama perjalanan.

Ukuran

Selain faktor berat yang dibahas sebelumnya, kamera juga memiliki beragam bentuk serta ukuran. Jika kegiatan Anda adalah kegiatan yang melakukan mobilitas tinggi, maka jangan membawa kamera dengan ukuran besar. Nantinya Anda membutuhkan tenaga serta effort yang besar hanya untuk memindahkan atau membawanya.

Aperture Lensa

Bukaan pada lensa menentukan seberapa cepat dia menangkap gambar. Hal ini dikarenakan lebih banyak cahaya yang masuk melalui lensa menuju sensor kamera. Lensa kamera dengan bukaan lebar juga meminimalisir noise dengan mengambil gambar dengan ISO yang lebih rendah. Selain itu, bukaan yang lebar juga mempermudah Anda untuk mengambil gambar pada cahaya yang rendah, seperti pada malam hari ataupun di ruangan yang redup.

Focal Length Lensa

Jarak dari bagian tengah optic dengan sensor disebut focal length lensa. Semakin kecil jaraknya, maka sudut pandang yang terekam oleh sensor kamera akan semakin besar. Sebaliknya, jika semakin besar angka focal length ini maka sudut pandang yang terekam akan semakin sempit.

Baca juga: Fungsi yang Diberikan Jenis Lensa Wide

Lensa Zoom vs Lensa Fix

Jika Anda ingin melakukan pembesaran pada objek foto tanpa harus bergerak maju, lensa zoom akan sangat bermanfaat Jenis lensa zoom ini bisa mengambil gambar dekat dari seseorang di kejauhan dengan jelas. Sudut pandang yang terekam pun juga bervariasi. Ada yang pendek yakni seperti tokina 12-24 mm, atau lensa panjang dengan focal length 18-200 mm. Selain lensa zoom, ada pula lensa fix. Lensa fix ini hanya memiliki satu focal length yakni 50mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *