Tips Memilih Kamera Terbaik untuk Travelling

Saat akan pergi travelling tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, selain baju dan kebutuhan pokok lainnya, ada barang yang tentunya tak boleh ketinggalan yaitu kamera. Ya, kamera dan travelling memang susah untuk dipisahkan, apalagi travelling atau jalan-jalan merupakan sebuah momen yang tentunya ingin diabadikan. Dan berikut ini adalah tips memilih kamera terbaik untuk travelling:

  1. Tipe Kamera

Pilih kamera yang cocok untuk pergi travelling sesuai dengan tempat yang ingin dikunjungi, apabila ingin kamera yang kecil, harga murah, dan tidak ribet saat digunakan bisa memilih pocket camera atau kamera saku. Sedangkan bagi yang ingin travelling di spot-spot air bisa menggunakan action kamera yang berukuran kecil, antiair, serta tahan banting. Jika ingin mendapatkan kualitas foto serupa DSLR namun ukurannya kcompact bisa membawa kamera mirrorles untuk travelling. Dan jika ingin travelling membawa kamera DSLR pun bisa juga, namun kamera ini ukurannya terlalu besar dan berat untuk dibawa jalan-jalan.

  1. Kualitas Foto

Saat travelling tentunya ingin mendapatkan kualitas foto yang baik agar bisa merekam dan memotret setiap momen dalam perjalanan. Ketika ingin memilih kamera terbaik, kualitas foto sebenarnya tidak terletak pada tinggi atau rendahnya megapixel, akan tetapi terletak pada sensor dan lensa pada kamera. Apabila ingin mendapatkan kualitas foto yang baik bisa menggunakan mirrorless atau DSLR, namun jika tujuan membawa kamera hanya agar dapat momen tanpa memperhatikan kualitas, maka kamera saku bisa menjadi pilihan.

  1. Mudah Dibawa

Saat travelling tentunya para traveller akan lebih sering berjalan, oleh karena itu pertimbangkan bobot kamera yang akan dibawa, apalagi jika travelling di area outdoor seperti pegunungan, tentunya kamera yang ringan dan ringkas akan lebih membantu dibandingkan kamera dengan bobot yang berat. Oleh karena itu pilih kamera yang ringan namun berkualitas.

  1. Harga

Saat pergi travelling tentunya banyak biaya yang dikeluarkan, seperti hotel, tiket, makanan, oleh-oleh, dan banyak kebutuhan lainnya. Oleh karena itu pengeluaran untuk membeli kamera sebelum pergi travelling pun harus diperhatikan.  Pilih kamera yang berkualitas, namun tetap dengan harga yang oke. Sesuaikan kamera dengan kebutuhan travelling, jangan sampai terjebak pada iklan atau tren semata.

  1. Tujuan

Membawa kamera untuk travelling tentunya bertujuan untuk mengabadikan suatu momen, namun, tentunya ada tujuan yang lebih khusus, misalnya bagi yang ingin travelling ke tempat-tempat dengan action shoot seperti terjun payung, paralayang, dan semacamnya, maka bisa dengan membawa kamera action. Sedangkan jika travellingnya berkisar pada bangunan serta makanan seperti museum, candi, kuliner tradisional, maka sebaiknya menggunakan pocket kamera, mirrorless, atau DSLR.    

Itulah tips yang bisa diaplikasikan untuk memilih kamera terbaik untuk dibawa travelling, memilih kamera yang tepat tentunya akan memberikan hasil foto yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *