Tips Memilih dan Rekomendasi Tripod Kamera

Tripod dalam fotografi merupakan alat stan untuk membantu agar badan kamera dapat berdiri dengan tegak dan tegar. Hal ini untuk tidak membuat fotografer kelelahan mengambil gambar dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh goncangan tangan fotografer. Tripod biasanya dipakai jika fotografer menggunakan shutter speed di angka 30 atau lebih lambat atau menggunakan lensa dengan focal length lebih dari 200 mm. Tripod kamera perlu dipilih dengan memperhatikan beberapa hal dan mengetahui beberapa tripod terbaik.

Tips Memilih dan Rekomendasi Tripod Kamera

Berikut adalah tips memilih tripod diantaranya:

  • Kapasitas beban, menghitung jenis kamera yang digunakan dan tentukan spesifikasi tripod untuk menunjang kegiatan dan jika kapasitas beban tripod lebih kecil daripada beban yang ditanggungnya maka kamera dapat jatuh atau tidak stabil.
  • Pilih kepala tripod berdasarkan lokasi pengambilan gambar, kepala tripod berjenis 3 way head mampu diatur secara vertikal maupun horizontal dan menyesuaikan dengan komposisi foto, tripod jenis ball head memiliki ukuran lebih kecil dan cocok untuk fotografi outdoor, dan gear head hampir sama dengan 3 way head tetapi tidak ada yang tuas yang mengatur.

Selain itu, tripod kamera dipilih berdasarkan jenis material kaki tripod sesuai budget dan penggunaannya, kaki tripod terbuat dari bahan alumunium dan karbon yang berdaya tahan tinggi. Pilih tinggi kaki sesuai dengan objek foto, sebaiknya memilih tripod yang dapat dimodifikasi ruas kakinya sehingga tingginya dapat diatur. Perhatikan juga tuas pengunci jenis lever lock dan nut lock. Nut lock lebih mudah dibawa dan harus diputar dan lever lock perlu dilipat dan terkunci.

Cek juga: Inilah Harga Tripod Terbaru dan Cara Tepat Memilihnya

Berikut adalah rekomendasi tripod diantaranya:

  • Weifeng Tripod Stainless 3110, mampu menahan beban hingga 7kg, terbuat dari bahan material yang berkualitas, dengan tinggi maksimal 80cm sehingga membutuhkan objek lain untuk menyangganya.
  • Fotopro Tripod Flexible, maksimal tingginya 27cm, untuk mengambil gambar macro melalui kamera ponsel karena bentuk kakinya dapat diatur untuk memotret objek dekat.
  • Takara Tripod Lightweight Eco, mampu menopang beban hingga 3kg, terbuat dari aluminium arbon dnegan tinggi maksimal 150cm dan tinggi minimal 55cm.
  • Yunteng Tripod VCT, terdapat remote shutter yang kompatibel, tinggi maksimal 130cm dan dapat dilipay hingga ukuran 32cm dengan kapasitas beban sebesar 5kg.
  • Bexin Tripod Ultra Mini Pro-MS08, berukuran 18cm untuk yang berprofesi sebagai food blogger dengan kapasitas beban hingga 8kg.

Selain itu, ada juga tripod kamera Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base dengan tinggi maksimal 166cm dan menambahkan piranti quick release dengan kapasitas beban 5kg. Manfrotto Tripod Compact Light yang mampu menopang berat kamera hingga 1,5kg dan material aluminium dan membuat tripod menjadi ringan. Terdapat 4 tingkatan kaki tripos yang disesuaikan dengan objek yang akan diamil dengan sistem flip lock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *