Tips Memilih Antara Kamera Mirrorless dengan DSLR

Setelah puas bermain kamera smartphone dan kamera compact, sudah saatnya Anda mulai naik level ke kamera DSLR ataupun ke kamera mirrorless. Sama berjenis kamera digital, keduanya memiliki karakteristik sendiri yang patut dipertimbangkan sebelum dibeli. Dengan mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan masing-masing, Anda dapat memilih kamera jenis mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Antara Kamera Mirrorless dengan DSLR

Digital SLR (DSLR) adalah jenis kamera menggunakan cermin guna memantulkan cahaya dari lensa menuju viewfinder agar pengguna dapat melihat langsung apa yang dibidik kamera secara optical. Sementara untuk kamera mirrorless, kamera jneis ini tidak memakai cermin, cahaya menerobos lensa langsung ke arah sensor gambar. Jadi mana yang harus dipilih?

  1. Dimensi dan Bobot

Body kamera DSLR umumnya besar lantaran menyediakan space untuk cermin dan shutter. Meskipun begitu, saat ini kamera jenis ini sudah mulai menyusut ukurannya. Sementara kamera mirrorless cenderung memiliki ukuran dan bobot yang lebih ringan karena sistem yang digunakan tidak memerlukan banyak tempat. Anda harus menganalisa kebutuhan dan selera.

  1. Performa Auto Fokus (AF)

Kamera DSLR menggunakan cermin dalam mengarahkan cahaya menuju sensor Phase Detect Auto Focus (PDAF) yang mengukur konvergensi antara 2 berkas cahaya yang segera mengkondisikan lensa ke fokus. Sementara mayoritas kamera mirrorless menerapkan teknik yang agak lambat dengan Contrast Detect Auto Focus (CDAF). Sensor mendeteksi suatu bagian dalam gambar yang hendak dibidik, memeriksa seberapa tajam, refokus lensa kembali, dan tes lagi sampai bisa mendapatkan fokus yang paling pas. Namun seiring perkembangan teknologi, hal ini semakin ditingkatkan lagi. maka dari itu, mengetahui spesifikasi menjadi hal penting untuk kemudian disesuaikan dengan Anda.

  1. Kualitas Jendela Bidik

Viewfinder DSLR memperlihatkan gambar langsung secara optical, lebih jernih, lebih responsif dan lebih cerah dibanding LCD elektronik yang digunakan pada kamera mirrorless. Anda tentunya sudah hapal benar dengan karakter LCD dalam menyajikan gambar. Untuk memiliki layar yang lebih baik, biasanya harga yang dibanderolkan pun juga ikut naik.

  1. Image Stabilization

Setiap kamera modern menyediakan fitur penstabil gambar untuk mengurangi blur lantaran tangan yang bergoyang ketika memegang body kamera. Fitur ini ada pada kamera DSLR dan mirrorless dengan cara menggeser bagian kecil optik lensa ataupun dengan menggeser sensor utama gambar. Saat ini, kamera mirrorless sudah mengalami banyak kemajuan utamanay dengan penstabil 5 axis pada Sony dan Panasonic.

  1. Kualitas Gambar

Dahulu, kualitas gambar dari kamera mirrorless cenderung lebih dari rendah ketimbang DSLR, dengan karakter gambar yang banyak noise dan warna yang kurang baik. Produsen pun mulai menggunakan sensor yang semakin baik dan menggunakan prosesor yang lebih maksimal pula untuk meningkatkan hasil kamera tanpa cermin ini. Untuk saat ini, secara kualitas IQ gambar diantara kedua jenis kamera bisa dikatakan seimbang selama Anda tidak melihatnya per pixel.

  1. Gambar dan Video Playback

Awalnya resolusi Full HD dapat dieksekusi dengan baik oleh kamera mirrorless sebab jenis kamera ini memang sangat cocok untuk keperluan video. Namun kini, seiring meningkatnya standar video (format 4K), kamera DSLR mulai menunjukkan pamornya.

  1. Aksesoris dan Lensa

DSLR memiliki akses ke banyak lensa dari berbagai merek. Sementara kamera mirrorless pada umumnya hanya punya sedikit opsi lensa itupun hanya dari produsen tertentu.

Baca disini Kamera Fujifilm X-A10, Mirrorless Terjangkau yang Cocok untuk Vlogging

Jadi, jenis kamera yang mana untuk Anda? Pilihan tergantung kepada prioritas yang telah Anda buat. Apabila memilih kualitas gambar serta kecepatan, DSLR memberikan kinerja terbaik dengan dukungan lensa yang lebih banyak bagi fotografer semi-pro hingga yang sudah pro. Namun perlu diketahui juga bahwa kamera mirrorless punya pilihan lensa yang cukup untuk kebutuhan pemotretan secaa umum sekaligus menjadi pilihan terbaik bagi pemula yang masih menekuni fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *