Tips Membeli Kamera Bagus untuk Pemula

Bagi pemula yang ingin belajar fotografi, meiliki kamera bagus untuk belajar tentang dunia fotografi tentu menjadi sebuah keharusan. Namun, ternyata banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak salah langkah dalam membeli kamera:

  1. Budget

Sebelum membeli sebuah kamera, khususnya DSLR, yang harus diperhatikan serta disiapkan adalah budget yang dimiliki, apakah sudah sesuai dengan harga kamera yang dincar ataukah belum. Untuk kamera DSLR harga paling murah ada pada kisaran 4-5 jutaan, oleh karena itu budget sejumlah itu haruslah disiapkan. Sehingga ketika budget sudah mencukupi bisa membeli kamera yang diinginkan.

  1. Kebutuhan

Untuk pemula, kebutuhan kamera biasanya untuk belajar fotografi, oleh karena itu cukuplah membeli kamera DSLR dengan harga terjangkau, tak perlu muluk untuk memiliki kamera DSLR dengan harga serta kualitas tinggi yang sering digunakan para profesional. Apabila kemampuan fotografi sudah meningkat, barulah membeli kamera DSLR dengan kemampuan yang lebih tinggi.

  1. Tanya Teman

Apabila memiliki teman di komunitas, saudara atau kenalan yang paham tentang dunia kamera dan fotografi, sehingga lebih bisa mengakomodir keinginan kita dan mereka pun dapat memberikan rekomendasi kamera seperti apa yang cocok dibeli.  

  1. Browsing Internet

Untuk mencari tahu mengenai kamera bagus seperti apa yang harus dibeli, browsing di internet juga bisa menjadi salah satu jalan terbaik. Di internet banyak tersebar beragam review tentang kamera, ini tentunya sangatlah membantu untuk menentukan jenis kamera yang bagus.

  1. Megapixel

Apabila ingin membeli kamera DSLR< salah satu patokannya adalah dengan memeprhatikan megapixel kamera tersebut, megapikxel yang tinggi, tentunya akan membuat hasil foto pun lebih berkualitas serta tidak mudah pecah ketika dicetak atau dizoom.

  1. ISO (International Standard Organization)

Selain megapixel, hal lain yang harus diperhatikan saat akan membeli kamera adalah fitur ISO nya. ISO ini sangatlah penting karena kemampuannya adalah untuk menakar cahaya serta sensitivitas yang dibutuhkan ketika membidik objek. Semakin minim cahaya saat memotret objek, maka ISO yang digunakan harus semakin tinggi sehingga hasilnya akan terlihat maksimal dan berkualitas. Oleh karena itu, sebelum membeli, ketahui terlebih dulu ISO kamera tersebut, apakah cukup bagus dan maksimal ataukah belum. Dengan ISO yang bagus, maka foto yang diambil pun akan lebih berkualitas serta mampu meningkatkan kreatifitas.

  1. Spesifikasi Kamera

Kamera tentunya memiliki banyak fitur dan kemampuan. Bukan hanya tentang megapixel dan ISO nya saja. Oleh sebab itu, jangan hanya mengandalkan merk, namun juga ketahui spesifikasi kamera yang hendak dibeli secara lebih mendalam.

Membeli kamera bagus tentunya menjadi impian setiap orang yang ingin belajar fotografi, namun beberapa hal di atas tetaplah harus diperhatikan, jangan sampai membeli kucing dalam karung karena membeli kamera secara asal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *