Tips Memakai Kamera Polaroid yang Tepat untuk Pemula

Kamera digital mungkin menjadi produk yang sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, namun bagaimana dengan jenis kamera Polaroid, faktanya Polaroid ini termasuk dalam jenis kamera lama yang hingga sekarang masih banyak digunakan oleh masyarakat. Kamera yang tak hanya dilengkapi sebuah lensa untuk membidik gambar atau objek saja, melainkan juga langsung dilengkapi dengan piranti untuk mencetak gambar, sehingga sangat praktis, cukup dengan sekali jepret saja, maka gambar bisa langsung tercetak dan Anda pun bisa melihat bagaimana hasilnya.

Belakangan ini memang sudah banyak diantara masyarakat yang meninggalkannya, karena meskipun praktis namun percuma, akan memakan banyak sekali film dalam pemakaiannya, belum lagi dengan gambar yang dihasilkan juga masih kalah dibandingkan dengan seri digital. Namun juga ada satu hal yang patut untuk Anda ketahui, khususnya bagi mereka yang memang senang dengan gambar-gambar klasik, sebenarnya jenis kamera yang satu ini juga tawarkan banyak sekali keuntungan bagi pemakainya, khususnya bagi yang masih awan dan ingin belajar fotografi.

Baca juga: Daftar Harga Kamera Polaroid dengan Berbagai Jenis yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Ketika Anda bisa menggunakan kamera Polaroid dengan hasil gambar yang memuaskan, maka bukan hal yang sulit untuk memakai produk kamera digital. Berikut ini ada sedikit tips dalam pemakaian kamera tersebut, yaitu:

  1. Kenali dulu tipenya, jenis kamera yang satu ini hadir dalam beberapa tawaran tipe, dari setiap tipe tersebut nantinya akan menghasilkan gambar yang berbeda-beda pula, sehingga wajib sebelumnya bagi Anda untuk mengenal kamera yang akan digunakan sebelum memutuskan untuk menjepret gambar.
  2. Simpan film di dalam kulkas, mungkin banyak diantara Anda mengapa harus menyimpannya disana, hal ini disebabkan film mudah sekali terbakar atau rusak ketika terkena atau berada dalam kondisi yang panas, untuk itulah akan lebih awet jika disimpan dalam kulkas, sebelum dipakai bisa dikeluarkan dan hangatkan terlebih dahulu minimal 1 jam.
  3. Melindungi film, agar nantinya gambar bisa muncul dengan sempurna, maka film yang dipakai harus selalu dalam kondisi yang baik, untuk itu disarankan untuk segera menyimpan foto yang keluar dari kamera tersebut, penyimpanan bisa dilakukan di dalam amplop kemudian taruhlah di tempat yang gelap, sehingga hasilnya bisa sempurna.
  4. Pertimbangkan juga exposurenya, sama halnya ketika Anda menggunakan kamera digital, maka exposure ini menjadi bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan guna hasilkan gambar yang berkualitas, sifat dari masing-masing Polaroid berbeda, ada yang memang bisa lebih bagus di tempat yang gelap, namun juga ada yang sebaliknya.

Itulah setidaknya beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan kamera Polaroid agar hasil jepretan gambar bagus. Harus ada perlakuan khusus untuk jenis kamera yang satu ini untuk menunjang hasil jepretan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *