Ternyata Mudah, Begini Cara Jadi Fotografer

Untuk menjadi seorang fotografer, kamu tidak harus memiliki kamera secanggih Panasonic Lumix atau deretan koleksi lensa mahal. Menjadi fotografer adalah perihal mengasah insting. Ada orang yang dibekali dengan kamera canggih, namun hasil fotonya tidak memuaskan. Namun, ada pula yang hanya berbekal kamera gawai atau kamera saku, namun bisa menghasilkan foto yang ciamik. Memang, hal pertama yang akan dilihat dari seorang fotografer adalah senjatanya: kamera. Dengan menenteng kamera seperti Lumix GX85, kamu mungkin akan mendapatkan kesan awal yang bagus. Akan tetapi, tidak selalu demikian.

Untuk kamu yang ingin bergelut di dunia fotografi, jangan terlalu terpaku dengan kamera yang mahal dan canggih. Agar potensimu semakin tergali, begini cara jadi fotografer yang perlu kamu ketahui.

Mengembangkan Keterampilan

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan keterampilanmu dalam fotografi. Beberapa orang memilih membaca buku dan belajar dalam kelas-kelas; beberapa lainnya memilih belajar otodidak atau menemui orang yang sudah berpengalaman. Apapun pilihanmu, pada akhirnya, cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan adalah praktik. Seberapa pun kamu menguasai konsep-konsep fotografi, bila tidak diiringi praktik, konsep yang kuasai hanya akan sia-sia.

Menggunakan Peratalan yang Tepat

Setiap kegiatan pemotretan membutuhkan peralatan yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengenali setiap peralatan dengan baik, termasuk kelebihan dan kekurangannya pada berbagai situasi.

Membeli Peralatan secara Hemat

Memiliki peralatan yang mumpuni tentu akan menunjang proses kreatifmu dalam berfotografi. Namun, jangan mudah tergiur membeli kamera atau lensa baru terus-menerus, ya. Belilah peralatan sesuai kebutuhan. Bila anggaranmu tidak mencukupi, kamu tidak harus membeli yang baru; bekas pun bisa kamu pakai. Perihal peralatan fotografi, lensa menjadi salah satu barang inverstasi yang menjanjikan. Pasalnya, lensa bisa digunakan kembali meskipun kamu berganti kamera.

Mengenali Kamera

Senjata seorang fotografer adalah kamera. Sebagaimana kita tahu, seorang petarung harus mengenal baik senjata yang mereka pakai. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi seorang fotografer memahami seluk-beluk kameranya. Kenali fitur-fitur yang ada pada kameramu secara mendetail. Coba berbagai fitur tersebut. Selain itu, pahami kelebihan dan kekurangan kamera yang kamu punya, ya.

Menambah Pengetahuan Lewat Internet dan Media Lainnya

Dunia fotografi terus berkembang. Oleh karena itu, ada baiknya kamu secara rutin membaca perkembangan dunia fotografi lewat internet atau media lainnya. Dari sana, kamu bisa saja mendapat pengetahuan atau inspirasi baru.

Mengedit Hasil Foto

Selain saat pemotretan, hal yang tidak kalah penting dalam dunia fotografi adalah pascapemotretan. Saat pemotretaan, kamu bisa saja melewatkan atau kurang memperhatikan detail-detail kecil. Nah, untuk memaksimalkan hasilnya, proses pascapemotretan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu belajar berbagai aplikasi edit foto, seperti Adobe Premiere, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Menghasilkan Foto yang Pelanggan Inginkan

Fotografi adalah dunia yang menuntut kreativitas dan setiap fotografer memiliki kreativitasnya masing-masing. Dalam hal ini, kreativitas fotografer dengan kemauan pelanggan terkadang bisa saja tidak sejalan. Untuk menyikapi hal ini, seorang fotografer sebagai penyedia jasa tentu harus menuruti apa yang pelanggan inginkan. Namun, bila kamu memiliki ide-ide yang dirasa dapat meningkatkan nilai foto, kamu tidak perlu ragu untuk mengutarakannya. Intinya, kamu perlu memahami kebutuhan pelanggan dan bagaimana kreativitasmu dapat memberikan hasil sesuai kemauan pelanggan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi seorang fotografer andal. Ingat, fotografi tidak melulu tentang kamera atau lensa. Fotografi adalah perihal insting. Fotografi adalah perihal bagaimana kamu bisa mengabadikan objek yang biasa menjadi unik dan berbeda. Setuju?

Selamat membidik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *