Ternyata Begini Cara Merawat Lensa Kamera yang Paling Benar Agar Senantiasa Awet

Setiap elemen atau komponen yang terbuat dari kaca biasanya akan mudah terkena kotoran baik berupa bercak-bercak kecil atau seperti jamur yang menempel pada permukaan kaca tersebut. Permasalahan seperti ini juga sering terjadi pada lensa kamera terutama yang jarang digunakan dan telah disimpan lama atau lensa tersebut tidak dirawat dengan baik. Dampak buruk paling umum yang dapat terjadi apabila lensa tidak digunakan dan di rawat biasanya akan menghasilkan foto yang kualitasnya tidak sebaik pada waktu pertama kali Anda menggunakan lensa tersebut.Ternyata Begini Cara Merawat Lensa Kamera yang Paling Benar Agar Senantiasa Awet

 

Lensa adalah salah satu komponen kamera yang memiliki peranan sangat penting. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan kondisinya supaya selalu dapat menghasilkan foto yang berkualitas sesuai keinginan Anda. Faktor penggunaan kamera dan perawatan lensa yang buruk menjadi salah satu penyebab utama performa lensa menjadi menurun. Oleh karena itu, di bawah ini akan kita bahas bagaimana cara merawat lensa yang baik dan benar, antara lain:

 

  • Menjaga kebersihan lensa. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan lensa dari debu maupun noda yang menempel setelah Anda menggunakan kamera, jangan membiarkan kotoran sampai menumpuk karena dapat menyebabkan jamur pada lensa Anda.

  • Menggunakan dry box. Akan lebih baik lagi apabila Anda menggunakan dry box untuk semakin menjaga kebersihan dan keamanan lensa saat di bawa untuk pemotretan. Dry box sangat bagus untuk sebuah lensa karena memiliki suhu yang dapat diatur sesuai standar kamera supaya kualitas lensa tetap terjaga.

  • Caps lensa. Cara merawat lensa kamera selanjutnya adalah dengan selalu menggunakan tutup atau caps lensa pada saat kamera tidak digunakan. Cara ini terbukti efektif untuk membantu menjaga kebersihan dan merawat lensa.

  • Memasang filter. Untuk Anda yang sering melakukan aktifitas fotografi di luar ruangan, memasang filter kamera dapat menjadi solusi yang tepat. Selain dapat menghasilkan efek tertentu sesuai keinginan, filter ini juga dapat melindungi lensa dari debu dan berbagai benturan benda asing.

 

Masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lensa supaya tetap dapat di gunakan dengan optimal, seperti jangan pernah menyentuh langsung lensa menggunakan jari atau tangan Anda. Hal ini dikarenakan kulit manusia cenderung lembab dan akan meninggalkan noda atau bekas di lensa tersebut, apabila tidak segera dibersihkan, maka bekas jari Anda ini dapat menjadi penyebab tumbuhnya jamur pada permukaan lensa.

Baca juga: Kebiasaan Ini dapat Membuat Lensa Pecah Tanpa Anda Sadari

 

Itulah tips atau cara merawat lensa kamera yang benar dan bisa Anda jadikan referensi supaya lensa tidak ditumbuhi jamur dan bisa awet digunakan dengan kualitas yang maksimal. Jika Anda mengikuti semua cara merawat lensa di atas dengan benar, maka sudah dapat dipastikan lensa Anda akan terus dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik sesuai dengan keinginan Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *