Tehnik Mudah Menggunakan Flash Kamera Pada Smartphone

Ingin mengabadikan berbagai moment yang dilakukan baik sendirian, dengan teman maupun keluarga, kini bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus selalu membawa kamera. Dengan smartphone yang pastinya dibawa setiap saat, berbagai moment indah dapat diabadikan dengan kualitas yang jauh dari hasil jepretan kamera digital. Smartphone dengan fitur kameranya sudah bisa menjadi teman setia yang dapat diandalkan. Di malam haripun, smartphone bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan cukup baik karena terdapat flash kamera sebagai salah satu fitur fotografinya.

Tehnik Mudah Menggunakan Flash Kamera Pada Smartphone

Fitur flash adalah fitur wajib yang sebaiknya ada ketika Anda membeli smartphone dan ingin menggunakannya juga sebagai kamera. Flash merupakan bantuan cahaya yang bisa diaktifkan saat Anda memotret di lingkungan yang minim cahaya seperti saat berada di malam hari. Meski begitu pemberian flash untuk mengambil gambar tidak berarti tanpa resiko. Sering kali di malam hari ketika mengambil gambar dengan flash, foto justru akan tampak kurang natural dan hanya terang di bagian tertentu saja. Untuk mengatasi resiko tersebut, ada baiknya Anda mempraktekkan tehnik penggunaan flash yang benar agar mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tehnik yang bisa membantu Anda dalam penggunaan flash kamera dari smartphone:

  • Atur jarak smartphone.

Flash akan memberikan efek cahaya yang terang namun tidak natural jika Anda terlalu dekat menghadapkan smartphone pada objek yang akan diambil gambarnya. Cara yang paling baik adalah mengatur jarak foto agar cahaya yang menerangi objek tak terlalu besar dan sudah menyebar sehingga lebih terlihat natural.

  • Arah flash.

Meski Anda ingin mengambil foto wajah, namun untuk hasil yang terbaik jangan mengarahkan flash secara langsung ke objek agar terlihat lebih natural. Arahkan flash ke samping objek namun dengan catatan objek tetap terlihat secara fokus dari kamera. Dengan begitu, objek akan tetap terlihat terang namun dengan cara yang natural.

  • Back light.

Penggunaan flash yang paling tepat adalah ketika Anda mengambil gambar objek yang letaknya berada di belakang sumber cahaya atau back light. Objek yang tampak gelap akan mendapatkan penyinaran dari flash dengan lebih baik asalkan Anda menempatkan smartphone dari jarak dan arah yang benar.

Baca juga: Smartphone dengan Kamera TегЬаіk ԁеngаn Skor Pengujian DxOMark Tertinggi

  • Saat siang hari.

Penggunaan flash tak melulu untuk malam hari yang gelap. Anda juga bisa menggunakannya di siang hari jika ingin detail objek menjadi lebih jelas.

Dengan memperhatikan tehnik penggunaan flash kamera pada smartphone seperti yang dituliskan di atas, Anda akan memperoleh hasil foto yang maksimal meski cahaya yang ada di sekeliling minim. Jangan takut untuk mengambil foto beberapa kali untuk mendapatkan pilihan terbaik dari hasil gambar yang telah Anda ambil menggunakan flash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *