Suka Fotografi? Sudah Tahu Teknik Dasar Fotografi yang Berikut Ini Belum?

Dewasa ini, jenis kamera yang tersedia semakin beragam dari mulai kamera polaroid, DSLR, sampai pada kamera mirrorless. Kamera dikenal sebagai kamera yang memiliki kemiripan dengan kamera DSLR atau sering juga disebut sebagai DSLR mini. Namun, harga kamera mirrorless ini cenderung lebih murah karena memiliki ukuran yang lebih mini. Buat kamu yang baru ingin mendalami dunia fotografi, tapi belum punya budget besar. Kamu bisa nih pakai kamera mirrorless ini. Daftar harga kamera mirrorless senantiasa hadir dengan informasi terbaru lho di internet dan situs-situs belanja seperti bukalapak.

Jika kamu sudah punya kamera, hal seanjutnya untuk mendalami dunia fotografi adalah memahami teknik-teknik dasar fotografi terlebih dahulu. Teknik dasar tersebut akan menjadi bekal awalmu untuk mengembangkan skill fotografimu. Mau tahu apa saja teknik dasar fotografi yang perlu kamu ketahui? Yuk, baca informasinya di bawah ini!

 

Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot)

Teknik pengambilan gambar merupakan suatu teknik untuk memilih luas area frame untuk mengambil gambar sebuah subjek sesuai dengan kaidah type of shot. Teknik ini sangat berguna untuk mendapatkan hasil jepretan yang keren dan bervariasi. Ngomong soal variasi, teknik pengambilan gambar ini punya beberapa variasi, lho. Berikut ini adalah beberapa variasi teknik pengambilan gambar untuk  kamu yang masih pemula.

 

Extreme Long Shot

Teknik pengambilan gambit extreme long shot ini adalah teknik pengambilan gambar yang mencakup area yang sangat luas. Pengambilan area yang sangat luas ini bertujuan untuk mengikutsertakan elemen di sekitar subjek ke dalam frame. Dengan menggunakan teknik ini, subjek berupa manusia akan terlihat lebih kecil di dalam frame. Semakin luas kamu mengambil area frame, akan semakin kecil pula subjek foto di dalam frame. Biasanya teknik pengambilan gambar extreme long shot ini digunakan  untuk pengambilan foto prewedding yang menggunakan area luas.

 

Long Shot

Teknik pengambilan gambar berikutnya adalah teknik long shot. Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar dengan memilih area yang cukup atau pas untuk memperlihatkan subjek secara utuh atau seluruuh tubuh tanpa ada yang terpotong frame. Teknik long shot ini bertujuan untuk menonjolkan subjek manusia dengan ekspresi dan interaksinya tanpa ada bagian tubuh yang terpotong. Biasanya hasil foto dengan teknik ini disebut dengan foto seluruh badan yang biasa digunakan sebagai salah satu syarat audisi bintang film, hehe. Ada yang mau daftar?

 

Close Up

Kamu pasti sudah sering mendengar foto close up. Foto ini adalah hasil dari teknik pengambilan gambar close up. Teknik close up sendiri merupakan teknik dengan pengambilan area yang sempit. Biasanya dimulai dari atas pinggang atau bawah bahu hingga ke batas kepala. Tujuan dari pengambilan gambar dengan teknik ini adalah memfokuskan foto pada ekspresi dan mimik wajah subjek manusia dalam frame. Teknik ini juga sering digunakan untuk foto yang ingin memunculkan efek dramatis dari ekspresi wajah seseorang.

 

Extreme Close Up

Selain teknik close up yang biasa, ternyata ada juga teknik close up yang ektrem, yaitu teknik extreme close up. Teknik yang satu ini dilakukan dengan mengambil area yang sangat sempit dan mengekspos bagian tertentu pada bagian wajah objek. Tujuan dari penggunaan teknik pengambilan gambar ini adalah untuk menampilkan bagian yang dianggap menarik dari sebuah objek foto seperti bagian mata atau bibir apada gambar iklan kosmetik.

 

Nah, itulah beberapa teknik pengambilan gambar yang harus kamu ketahui sebagai pemula dalam dunia fotografi. Bagaimana, mau mulai coba empat teknik di atas? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *