Simpel, Begini Cara Merawat Kamera Polaroid

Pamor kamera mirrorless yang saat ini sedang tinggi-tingginya ternyata tidak menggeser keberadaan kamera polaroid di hati pencinta fotografi. Menggunakan kamera instan ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman fotografi yang sangat berbeda. Tanpa perlu edit-edit, hasil jadi foto berupa lembaran bisa langsung didapat segera setelah gambar ditangkap. Meskipun instan, hasil foto eksklusif yang hanya satu-satunya di tiap momen  itu tetap layak untuk dinikmati.

Simpel, Begini Cara Merawat Kamera Polaroid

Memiliki kamera polaroid ini, Anda pun juga perlu memperhatikan berbagai hal seperti halnya penggunaan, perawatan dan penyimpanan. Hal ini tentunya agar perangkat Anda tetap awet dan dapat digunakan setiap saat. Inilah tips yang bisa Anda lakukan agar kamera instan polaroid tetap awet;

  1. Gunakan Tas Kamera

Meskipun kamera polaroid umumnya memiliki bobot yang enteng serta ukuran compact, Anda dianjurkan untuk emnggunakan tas untuk membawanya. Dengan bentuk yang demikia, memang kamera ini sangat cocok untuk dibawa-bawa membuatnya rentan akan goresan, guncangan, debu bahkan cipratan air. Seandainya belum ada tas kamera, pilih tas yang memiliki lapisan yang lembut dan tebal untuk menjaga body kamera. Sesuaikan pula ukurannya dengan polaroid Anda untuk mengurangi resiko guncangan atau gesekan.

  1. Rutin Dibersihkan

Umumnya, pengguna langsung menyimpan kamera polaroid sehabis digunakan. Sebaiknya, bersihkan dahulu sebelum disimpan agar debu yang masih menempel tidak melekat yang berakibat sulit untuk dihilangkan. Selain itu, kamera juga perlu dibersihkan rutin setidaknya seminggu sekali agar debu dan kotoran tidak memasuki jerohan kamera. Pakailah lap lembut dan halus untuk bagian body dan lensa. Sedangkan untuk bagian yang tidak terjangkau, Anda bisa memakai kuas kecil halus ataupun blower khusus kamera.

  1. Perhatikan Kelembaban Box

Simpan kamera polaroid Anda pada tempat yang bebas debu, sejuk tapi tidak lembab dan tidak panas. Dengan harga yang relatif mahal, Anda juga bisa membeli box khusus untuk penyimpan kamera. Atau alternatif lain, Anda bisa membuat sendiri dengan bahan kaca ataupun kayu. Letakkan juga beberapa silica gel untuk mencegah jamur. Posisi meletakkan kamera dalam penyimapanan juga perlu diperhatikan untuk menghidari goresan ataupun benturan.

  1. Jangan Terpapar Sinar Matahari

Meskipun kelembaban harus sangat dihindari untuk mencegah datangnya jamur, meletakkan kamera di bawah paparan sinar matahari juga tidak dianjurkan. Ini karena banyak bagian dalam kamera yang menggunakan bahan karet dan plastik yang bisa memuai atau berubah bentuk jika terkena panas berlebih. Tak hanya itu, komponen lain juga beresiko rusak karenanya.

  1. Lepas Baterai Saat Dalam Penyimpanan

Keawetan baterai menjadi salah satu hal penting dalam fotografi. Saat menggunakan polaroid, kadang hasil foto cenderung lebih gelap. Selain karena cahaya yang memang kurang, baterai juga bisa menjadi tersangka utama kasus hasil foto gelap ini. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membawa beberapa baterai saat akan menggunakan kamera polaroid ini. Untuk menjaga performa baterai, sebaiknya lepas baterai dari kamera jika sedang tidak digunakan untuk waktu yang relatif lama.

Yuk cek disini: Edisi Unik Kamera Polaroid yang Lucu

Itulah tadi beberapa tips merawat kamera Polaroid yang patut dijajal agar kamera kesayangan Anda tetap awet dan bisa diandalkan pada setiap momen. Biasanya saat akan membeli polaroid, Anda juga mendapat tas kecil. Nah, melengkapi tool perawatan, Anda juga bisa membeli sepaket pembersih sekaligus tanpa perlu menunggu setelah penggunaan kameranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *