Sekilas Tentang Kamera SLR yang Harus Diketahui Pecinta Fotografi

Kamera SLR merupakan kamera yang menerapkan sistem jajaran lensa dengan jalur tunggal yang digunakan untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke Focal Plane dan juga Viewfinder. Dengan demikian, fotografer dapat melihat objek melalui kamera sehingga akan mirip seperti hasilnya. Kamera ini tidak bisa menerapkan teknologi kaca pantul dan juga prisma. Sebab kamera ini menerapkan sistem pentaprisma yang tempatnya berada pada jalur optikal melalui lensa menuju ke lempengan film. Cara kerja dari jenis kamera ini ialah dari cahaya yang masuk akan dipantul ke bagian pentaprisma setelah itu dari bagian ini akan dipantulkan kembali selama beberapa kali. Jadi ketika tombol dilepaskan, kaca akan memberikan jalan untuk cahaya dan cahaya akan langsung mengenai film.

Sekilas Tentang Kamera SLR yang Harus Diketahui Pecinta Fotografi

Pembidik pada Kamera SLR

Pembidik merupakan salah satu bagian yang penting pada Kamera SLR. Terdapat dua sistem bidikan pada kamera ini yaitu viewfinder type dan reflex type. Namun sesuai dengan namanya yakni, SLR. Kamera ini menggunakan sistem bidikan reflex type. Dengan demikian, fotografer hanya akan melihat subjek dengan menggunakan lensa tanpa terjadinya parallax, parallax merupakan kondisi dimana fotografer tak akan mampu melihat dengan akurat indikasi keberadaan subjek melalui lensa dan akibatnya akan membuat ada bagian dari foto yang mungkin akan hilang saat dicetak. Biasanya parallax itu terjadi ketika proses pemotretan dilakukan close up yang menggunakan kamera viewfinder.

Jendela Bidik Kamera SLR

Kamera SLR memiliki jendela bidik. Jendela bidik ini adalah sebuah kaca yang di dalamnya terdapat banyak informasi mengenai pemotretan. Adapun informasi yang terdapat di sini adalah penemu jarak, pilihan diafragma, shutter speed dan juga pencahayaan.

Lensa Kamera SLR

Lensa pada Kamera SLR berfungsi dalam memfokuskan cahaya agar dapat membakar medium film. Pada bagian luar biasanya terdapat tiga cincin yaitu cincin panjang fokus, diafragma dan fokus.

Fokus Kamera SLR

Fokus pada kamera ini merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur jarak ketajaman lensa, sehingga hasil jepretan yang didapat tidak akan berbayang.

Perkembangan Kamera SLR

Sejatinya baik Kamera SLR maupun kamera DSLR mempunyai cara kerja dan juga bagian-bagian yang sama. Yang membuat kedua kamera tersebut berbeda hanyalah cara menggunakan filmnya. Untuk jenis Kamera SLR menggunakan film yang berfungsi sebagai medium penangkap, sedangkan kamera DSLR tidak lagi membutuhkan film tersebut. Namun sebagai pengganti film, kamera DSLR sekarang menggunakan teknologi sensor CCD dan CMOS.

Baca juga 4 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Kamera SLR Murah Namun Tetap Berkualitas

Untuk kamera film, hal yang menentukan kualitas gambar adalah kualitas lensa. Sedangkan untuk jenis kamera digital, hal yang menentukan kualitas gambar yaitu sensor kamera, prosesor dan juga lensa. Semakin bagus sensornya maka kualitas gambar juga akan semakin bagus, demikian pula dengan prosesor dan juga lensa. Jadi ketika kualitas gambar yang dihasilkan baik, maka itu artinya ketiga komponen itu bekerja dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *