Sebelum Beli, Baca Dulu Tips Kamera Mirrorless Ini

Pada umumnya orang hanya akan mempertimbangkan dari segi harga, fitur serta kualitas foto saat akan membeli sebuah kamera mirrorless. Nyatanya tidak sesimpel itu, ada beberapa hal lain yang juga tak kalah penting untuk dihitung agar Anda tidak menyesal memilih kamera tanpa cermin ini. Berikut diantaranya;

Sebelum Beli, Baca Dulu Tips Kamera Mirrorless Ini

  1. Varian Lensa

Yang paling penting adalah soal lensa yang umumnya tersedia dalam 2 pilihan dalam paket penjualan kamera:

  • Body Only (BO) = lensa harus dibeli terpisah.
  • Body + Kit = ada lensa bawaan

Membeli lensa baru akan menjadi sebuah kebutuhan penting meskipun lensa bawaan ini cukup memadai. Ini karena dengan menggunakan lensa-lensa tertentu maka hasil yang didapat akan lebih memuaskan. Dengan harga yang berbeda, Anda bisa menentukan paket mana yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Jangan Termakan Iklan

Umumnya strategi marketing menyebut bahwa ukuran yang compact dan praktis merupakan daya tarik kamera mirrorless. Namun nyatanya seberapapun ringkasnya, kamera ini pada akhrinya tetap saja memerlukan penanganan dan penyimpanan yang setara dengan DSLR. Meskipun memang sedikit lebih ringan tetap saja Anda dianjurkan menggunakan tas kamera dan box penyimpanan untuk menjaga kamera ini.

  1. Kelengkapan Fitur

Semakin lengkap fiturnya, maka semakin baik untuk digunakan sewaktu-waktu. Namun tetap sesuaikan pula dengan harga yang dibanderolkan. Inilah fitur yang wajib ada;

  • Kemampuan dalam menangkap foto (bukan satuan megapixel) dan video yang baik.
  • Sensor kamera setidaknya 4/3.
  • Shutter Speed setidaknya 30 detik ke atas (berguna untuk foto gelap) dan harus bisa sepersekian ribu detik ke bawah guna menangkap gambar obyek bergerak.
  • Kemampuan autofocus yang cepat.
  • Nilai ISO yang besar dan rendah noise.
  • Ada fitur burst jika menangkap gambar obyek dengan gerakan cepat.

Selain fitur wajib di atas masih banyak fitur lain yang mungkin berguna bagi Anda, antara lain konektifitas nirkabel, touchscreen, slot microUSB,face detection, Layar LCD support rotasi dan lain sebagainya.

  1. Komunitas

Apabila kamera mirrorless Anda memiliki jumlah pengguna yang banyak, maka umumnya ada komunitas besarnya. Adanya komunitas ini memudahkan berbagi informasi, update, jual beli hingga tips. Sebaliknya bila Anda antimainstream, dan percaya diri pada kemampuan maka beberapa merek yang tidak populer boleh saja Anda beli.

  1. Sensor

Memang saat ini sudah banyak tipe sensor pada kamera mirrorless, sensor four thirds paling banyak digunakan pada mirrorless. Dengan sensor yang lebih besar, maka gambar yang didapat bisa lebih bagus sebab cahaya yang ditangkap menjadi lebih banyak.

  1. Ada Viewfinder

Menekan harga, ada beberapa tipe kamera mirrorless menghilangkan fitur viewfinder dan hanya mengandalkan LCD untuk membidik. Fitur ini penting untuk pandangan obyek maksimal pada lokasi yang terik sebab sinar matahari berlebih dapat menganggu penglihatan terhadap obyek pada LCD, hasil foto di LCD bisa saja berbeda saat dilihat pada layar komputer. Namun juka Anda terbiasa tidak emnggunakan fitur ini dan percaya pada fitur auto, maka ketiadaan fitur ini bukan masalah penting.

  1. Garansi (produsen atau distributor)

Harga untuk garansi distributor memang jauh lebih murah dibanding garansi resmi dari produsen. Tentu saja karena garansi resmi dipilih lantaran faktor keamanan serta kenyamanan. Namun, banyak pula toko yang berhasil meyakinkan pembelinya kalau hasil akhirnya garansi distributor juga dapat dipercaya. Tergantung Anda saja, percaya pada kemampuan toko atau tidak.

Baca juga Kecanggihan Kamera Fujifilm Mirrorless untuk Food Blogger

Setelah membaca daftar di atas, tentunya Anda bisa menentukan apakah masih berminat dengan kamera mirrorless atau memilih DSLR sekalian. Untuk kepraktisan, mirrorless masih kalah dengan kamera pocket. Namun dengan kemampuan yang semakin ditingkatkan mirrorless jauh di atas kamera pocket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *