Rencana Beli Kamera Bekas? Pertimbangkan Hal Berikut Ini!

Kamera merupakan benda penting di masa sekarang ini. Hal ini lantaran momen-momen penting belum tentu bisa terulang kembali sehingga perlu diabadikan jika ada kesempatan. Teknologi kamera sejak tahun 2000-an telah mengalami banyak sekali perkembangan yang dibuktikan dengan fitur kamera yang begitu banyak. Namun seperti yang sudah diketahui, kamera dengan fitur yang banyak serta kecanggihan teknologinya pastilah dibanderol dengan harga yang tinggi. Salah satu pilihan untuk bisa membeli kamera dengan kualitas bagus namun harga murah adalah membeli kamera bekas.

Membeli kamera yang bekas tentu butuh kecermatan lebih lantaran sudah pernah dipakai sehingga ada kemungkinan beberapa bagian komponen sudah tidak berkualitas lagi. Pertama pastinya Anda harus melihat dari segi body secara keseluruhan dan jika body kamera sudah tidak begitu bagus, maka lebih baik Anda cari produk lainnya saja. Selain itu, Anda masih harus mengetahui beberapa hal berikut ini:

  • Tombol kamera

Periksa kembali apakah tombol pada kamera tersebut masih lengkap atau ada beberapa yang hilang. Kemudian buka kamera dan cek kembali apakah semua tombolnya masih bisa dipergunakan atau tidak. Jika Anda memaksakan diri tetap membeli padahal tombolnya ada yang rusak, maka ingat kembali jika biaya reparasi cukup mahal.

  • Periksa bagian flash kamera

Tekan tombol flash dan Anda pun bisa tahu apakah flash pada kamera bekas masih bekerja atau tidak.

  • Periksa body

Tak hanya memeriksa secara kasat mata saja karena Anda juga harus bisa memeriksanya dengan teliti dan keseluruhan. Periksa juga bagian mur di body kamera tersebut. Jika ada kemungkinan mur tersebut pernah dibuka maka Anda perlu hati-hati karena hal ini menandakan bagian komponen sudah tidak original atau bahkan kamera pernah di reparasi sebelumnya. LCD juga jangan sampai ada yang tergores karena hal ini merupakan kekurangan juga.

  • Auto fokus

Selanjutnya ke sektor auto fokus yang bisa dilihat ketika Anda akan mengambil gambar di obyek yang tertentu. Jika auto fokus pada kamera masih bisa berfungsi, maka akan muncul tanda deteksi pada obyek yang memang dituju untuk dipotret.

  • Kondisi lensa

Untuk bisa memeriksa apakah lensanya masih berkondisi baik atau tidak, ada baiknya jika memeriksa fungsi kondisi karet dan dilihat dari segi hasil jepretannya karena dari situ akan bisa terlihat apakah fungsinya masih optimal atau tidak.

Jangan lupa untuk mengecek bagian baterainya karena pada beberapa kasus pembelian kamera bekas, memang semua komponen masih berkondisi baik namun ternyata justru baterai yang sudah drop atau sudah tidak bisa berfungsi baik. Ketika membeli kamera yang bekas, teliti dan cermat adalah faktor penting sehingga Anda bisa mendapatkan kamera dalam kondisi bagus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *