Rekomendasi Tripod Kamera Terbaik Saat Travelling

Di dalam dunia fotografi, tak hanya kamera saja yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan foto terbaik. Banyak juga aksesoris dan perlengkapan lain yang juga tak kalah penting. Salah satu perlengkapan fotografi yang tidak bisa di tinggal adalah tripod. Tripod merupakan sebuah alat stan yang difungsikan untuk bisa menopang kamera sehingga kamera bisa berdiri tegak. Tripod ini memiliki tiga kaki sehingga mampu menopang kamera dengan seimbang. Tentu ketika travelling pun Anda juga butuh tripod kamera terbaik sehingga bisa mengabadikan momen dengan lebih sempurna.

Tripod untuk keperluan travelling tentu ada baiknya jika bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa. Lalu adakah tripod demikian? Berikut ini beberapa ulasan tripod kamera yang cocok untuk dibawa ketika travelling:

Baca juga: Review Spesifikasi Kamera Terbaik DSLR 2017

  • Manfrotto 190 Go!

Sudah bertahun lamanya tripod dari Manfrotto 190 ini menjadi tripod yang banyak diandalkan oleh para fotografer. Namun jika Anda ingin membawanya untuk travelling, ada baiknya jika memilih Manfrotto 190 seri 190 Go! Dimana bobotnya lebih ringan dengan bentuk ringkas sehingga akan mempermudah langkah Anda kemanapun dan dimanapun. Panjangnya sekitar 45 cm saja dengan ketinggian sudut maksimumnya adalah 146 cm. Materialnya alumunium sehingga beratnya 1,7 kg saja.

  • Manfrotto MT190 XPRO4

Tripod kamera terbaik untuk kebutuhan travelling selanjutnya adalah Manfrotto MT190 XPRO4 yang merupakan pembaruan dari seri 190 dengan tambahan Quick Power Lock di dalamnya. Pengoperasiannya yang amat mudah menjadikan tripod ini akan cocok untuk medan apapun. Harganya sekitar 3 jutaan dan memiliki bobot lebih berat yaitu 3,1 kg dibanding seri 190 Go!.

  • MeFOTO GlobeTrotter

Tripod yang satu ini juga kerapkali jadi andalan ketika travelling karena beban kamera yang bisa ditopangnya cukup super yaitu hingga 12 kg. Meski begitu, bobot dari tripod tetap ringan yaitu 1,7 kg saja. untuk tinggi maksimal monopod adalah 170 cm dan jika tinggi tripod maksimal adalah 163 cm. Tenang saja, ketika dilipat, tripod ini tidak terlalu tinggi yaitu hanya 43 cm sehingga akan cocok dimasukkan ke dalam tas Anda.

  • Velbon Ultra 655

Ada model terbaru untuk tripod dari Velbon yaitu model flagship dimana daya topangnya adalah seberat 4 kg saja sehingga cocok untuk kamera kelas menengah. Terdapat fitur menarik di dalamnya yakni Trunnion Shaft System sehingga tinggi maksimalnya adalah sampai 154 cm dengan minimal 37,2 cm ketika dilipat. Bobot dari tripod ini sangat ringan yakni 1,3 kg saja.

Itulah beberapa rekomendasi tripod kamera terbaik yang bisa Anda pilih untuk menemani momen travelling Anda. Dengan tripod, maka hasil foto pun akan bisa lebih menarik. Jadi, tripod kamera mana yang akan Anda pilih?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *