Rekomendasi Efek Kamera Canon yang Bagus untuk Dicoba

Bagi para penggemar fotografi, mulai dari para pemula sampai fotografer andal, tentu sudah akrab dengan kamera Canon EOS. Salah satu seri yang banyak digandrungi adalah Canon Eos M10. Hal itu karena fitur dan spesifikasi kamera eos m10 yang berkualitas tinggi. Selain spesifikasi dan fiturnya, kamera ini juga menyediakan berbagai efek menarik yang mampu memperindah foto dan menambah kreativitas pengguna.

Umumnya kamera Canon menyediakan pilihan efek sejumlah enam slot dengan tiga efek default. pilihan efek tersebut biasa disebut Canon Picture Style, yaitu fitur ekslusif unik yang terdapat pada setiap kamera Canon EOS. Fitur ini menyediakan berbagai pilihan efek yang berfungsi untuk mengatur corak dan saturasi warna. Efek tersebut dapat digunakan untuk mengatur komposisi warna yang paling sesuai dengan objek dan tema foto.  Tiga slot kosong yang tersedia dapat kamu isi dengan picture style atau efek lain sesuai selera. Nah, berikut beberapa rekomendasi efek kamera Canon yang bagus untuk kamu install dan terapkan saat kamu memotret.

 

Aquamarine

Efek Aquamarine merupakan salah satu dari efek default bawaan kamera. Efek ini digemari pecinta fotografi kalangan remaja. Hal itu karena hasil gambar yang membuat objek berubah menjadi putih seperti halnya hasil gambar dari kamera ponsel.

 

Akiiro Kouyou

Akiiro Kouyou merupakan efek paling favorit di antara pilihan efek lainnya. Efek ini mudah dicoba oleh pemula karena cocok digunakan pada berbagai objek, seperti manusia, alam, atau arsitektur. Namun, beberapa hal seperti hubungan ISO, aperture, dan shutter speednya tetap harus diperhatikan.

 

Eyer Beauty Shot

Efek yang tidak kalah populer adalah efek Eyer Beauty Shot. Bagi kamu yang ingin menggunakan efek ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, kamu harus memperhatikan jumlah cahaya ketika pengambilan foto berlangung karena intensitas cahaya berpengaruh pada hasil foto. Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan pengaturan lainnya, seperti perubahan tingkat fokus kamera dan peningkatkan bintik (noise).

 

Japanese Style

Japanese style merupakan efek yang rawan menghasilkan foto berbintik, tetapi tetap digemari oleh pengguna kamera Canon. Cara untuk menyiasati hasil foto agar minim bintik (noise), sebaiknya  dengan menggunakan ISO serendah mungkin. Hal iu karena pengaturan ISO yang semakin tinggi menyebabkan semakin banyaknya bintik, sehingga membuat hasil foto menjadi tidak jelas. Pengaturan ISO yang direkomenadiskan adalah ISO 50 dan ISO 100 saja.

 

Flower

Jika ketiga efek sebelumnya merupakan efek yang sangat populer, efek flower merupakan efek yang mulai diminati oleh para pecinta fotografi. Dengan menggunakan efek ini, pengguna tidak perlu selalu menggunakan ISO yang paling rendah untuk menghindari noise, terutama pada kondisi lowlight. Kamu akan mendapat hasil foto yang gelap apabila menggunakan ISO rendah. Untuk itu dengan menggunakan efek ini, kamu dapat menggunakan ISO tinggi agar mendapat cahaya lebih banyak.

 

Landscape

Rekomendasi efek yang terakhir adalah efek landscape. Efek ini dapat memberikan hasil foto yang menawan apabila dikombinasikan dengan pengaturan aperture, shutter speed, dan ISO yang tepat. Ketiga unsur tersebut saling memberi efek kompensasi satu sama lain. Namun, untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu harus mencoba melakukan pengaturan ketiga konsep tersebut secara terpisah. Setelah terbiasa, kamu akan mulai familiar dengan hubungan ketiganya dan semakin ahli dalam menentukan pengaturan yang tepat.

 

Nah, itulah rekomendasi efek kamera canon yang bagus dan patut kamu coba. Sudah menentukan efek apa yang sesuai dengan selera kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *