Perhatikan Ini Sebelum Membeli Kamera Analog yang Tepat Bagi Pemula

Belakangan ini kamera analog memang sedang diminati oleh masyarakat Indonesia, padahal sebelumnya kamera jenis ini tidak begitu populer karena selalu ada kamera jenis baru yang bermunculan setiap bulan dan tahunnya. Kamera jenis ini memang memiliki harga yang lebih murah daripada kamera digital dan hal inilah yang membuatnya kembali diminati oleh masyarakat. Memang tidak mahal harganya, namun saat membelinya Anda harus memperhatikan dan mengetahui beberapa hal tentang kamera tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan saat akan membeli kamera jenis ini, terutama bagi pemula yang tidak mengetahui lebih dalam macam-macam kamera.

  • Hasil Foto

Sebelum membeli kamera analog, Anda perlu mengetahui hasil dari jepretan kamera jenis ini seperti apa. Hasil foto yang diinginkan oleh seseorang bermacam-macam. Ada yang ingin hasilnya terlihat tajam, ada yang ingin hasilnya terlihat lembut serta dreamy, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu mencari hasil foto dari kamera ini di internet untuk mengetahui apakah hasil foto tersebutlah yang Anda inginkan atau tidak. Jika sesuai dengan apa yang Anda cari, maka Anda bisa membeli kamera jenis ini.

  • Melihat Langsung Kamera

Melihat kamera tersebut di internet memang terkadang sudah terasa cukup untuk memberikan gambaran seperti apa bentuk dan fungsi kamera tersebut. Namun ini adalah salah, sebenarnya Anda perlu sekali untuk melihat kamera itu secara langsung. Dengan demikian, Anda pun dapat mengerti fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh kamera jenis ini dan dapat lebih leluasa saat memakainya dan tidak merasa tegang mau pun kikuk saat menggunakannya untuk memotret sesuatu. Selain itu, Anda pun dapat minta diajarkan kepada sang penjual, jadi Anda pun dapat mengerti dengan cepat bagaimana cara memakai kamera tersebut.

  • Cek Fungsi dan Bagian Kamera

Sebelum membeli, hal ini adalah yang terpenting untuk dilakukan bagi para pemula yang masih belum mengerti kamera. Jika Anda tidak melakukannya, maka bisa saja akan terkena tipu atau menghasilkan kerugian untuk diri sendiri. Hal yang paling pertama yang harus diperiksa adalah tombol shutter-nya harus berjalan dengan baik karena nantinya akan selalu ditekan-tekan maka jika dari awal kondisi sudah tidak baik, maka kemungkinan rusaknya akan lebih besar. Selain itu periksalah blitz nya apakah masih bisa bekerja dengan baik atau tidak. Lalu periksa bagian dan jenis baterai yang dapat digunakan serta filmnya juga.

Membeli kamera analog bagi orang yang memang tidak fasih dalam dunia fotografi dan kamera memang sedikit sulit. Jika Anda melewatkan satu dari tips diatas, maka bisa saja Anda menanggung rugi yang membuat Anda menyesalinya. Selain ketiga hal diatas, Anda perlu juga membandingkan harga di toko lain supaya bisa mendapatkan kamera dengan harga terbaik, namun kualitasnya masih bagus dan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *