Perhatikan Beberapa Hal Berikut Jika Ingin Beli Kamera D80 Bekas Pakai!

Walau telah lama dirilis dan trend kamera tengah mengarah pada tipe kamera mirrorless, kamera Nikon D80 tetap dicari pengguna yang menggandrungi DSLR. Kamera ini sudah tidak diproduksi lagi karena pertama rilis pada tahun 2006.

Saat ini fotografi merupakan bidang yang digemari banyak kalangan, sehingga banyak yang ingin mencoba mempelajari fotografi profesional, termasuk menggunakan gawai yang professional juga.

Kamera DSLR merupakan gawai yang banyak dicari untuk belajar fotografi profesional. Salah satu kamera DSLR yang banyak dicari adalah Nikon D80. Hingga saat ini banyak yang menginginkan kamera tersebut meski sudah sulit didapat.

Oleh sebab itu, jika ingin memiliki kamera ini dapat membeli barang second atau barang bekas pakai. Membeli barang bekas pakai tidak selamanya buruk, yang terpenting harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Beli dari Penjual yang Terpercaya

Membeli kamera Nikon D80 tidak perlu harus mendatangi berbagai toko kamera secara langsung. Proses jual-beli dapat dilakukan secara online. Namun, proses membeli dalam jaringan tersebut rentan akan penipuan.

Oleh sebab itu penting untuk teliti dalam memilih tempat jual kamera. Sebaiknya beli dari situs jual-beli barang bekas pakai yang resmi. Lalu, baca secara teliti detil produk. Seperti berapa lama pernah dipakai, apakah terdapat lecet atau kerusakan lainnya.

Jika memungkinkan, tanya pada penjual, sudah berapa lama barang dipakai dan mengapa dijual. Hal tersebut untuk menghindari pembelian kamera yang sudah rusak.

Akan jauh lebih baik jika pembayaran dapat dilakukan cash on delivery (COD), agar pembeli dapat lebih yakin dengan melihat secara langsung kamera D80 tersebut.

Selain itu, baca ulasan dari pembeli lain tentang toko tersebut, sehingga semakin yakin bahwa proses jual-beli asli dan bukan tipuan.

  1. Cek secara Detil Fisik Kamera

Fisik yang paling awal dicek adalah karet grip kamera. Jika masih kasar, seperti tekstur kulit jeruk, maka benar bahwa kamera Nikon D80 tersebut jarang dipakai, meski bekas pakai. Selain itu, hal tersebut menunjukkan bahwa pemakai sebelumnya merawat kamera tersebut dengan baik.

Sebaliknya, jika katet grip licin, maka kamera tersebut terlalu sering dipakai atau penjual tidak bisa merawat barang. Jika penjual mengklaim kameranya masih sangat bagus, maka pembeli harus detil memerika performa kamera lebih lanjut.

Perhatikan karet USB, apakah masih ada atau tidak. Jika sudah tidak ada sebaiknya jangan dibeli, karena bagian tersebut membuat kamera rentan kemasukan debu dan akan merusak kamera tersebut.

Lalu perhatikan mur dan baut kamera! Sebaiknya jangan membeli jika mur dan baut terlihat pernah dibuka.

  1. Cek Performa Kamera

Kamera bekas pakai pasti tidak memiliki segel plastik. Oleh sebab itu, penting untuk menguji kamera dengan mencoba menggunakannya. Coba berbagai fungsi pada kamera, pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Pastikan tombol shutter masih enak dipakai. Lalu, pastikan viewfinder dapat menemukan titik-titik fokus dengan baik. Coba beberapa kali pada beberapa objek foto untuk memastikan fungsi tersebut tidak bermasalah.

Yang tidak kalah penting adalah perhatikan sensor kamera, pastikan tidak ada goresan sedikit pun. Sensor kamera yang berdebu masih dapat dibersihkan, namun jika tergores tentu akan sangat merugikan pembeli.

Lalu cek juga LCD, jangan sampai ada death pixel! Cek juga kapasitas baterai! Tanyakan pada pemilik sebelumnya apakah ada kendala pada baterai. Intinya dari pengecekan ini adalah jangan sampai kamera harus banyak diperbaiki jika sudah dibeli. Rugi!

Demikian hal-hal dasar yang penting diperhatikan jika ingin membeli kamera Nikon D80 bekas pakai. Jadi, tertarik membeli?

Sumber gambar: proxy.duckduckgo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *