Perhatikan 7 Fitur ini saat Membeli Handycam

Anda yang ingin membeli handycam harus memerhatikan fitur yang dimilikinya. Sebab fitur bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya dalam menentukan fitur, Anda bisa mempertimbangkan resolusi, autofokus dan lain sebagainya. Lalu fitur-fitur apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan saat membeli alat tersebut?

Perhatikan 7 Fitur ini saat Membeli Handycam

  • Flip-out LCD

Memilih handycam yang memiliki fitur flip-out LCD menjadi sebuah pilihan yang bagus. Sebab, sekarang fitur LCD yang bisa dikeluarkan terdapat di semua jenis alat yang digunakan untuk merekam ini dengan jenis full-size. Tetapi pada jenis actions cams, fitur ini jarang untuk ditemukan. Beberapa LCD alat ini biasanya memiliki aspek ratio yang cukup lebar sekitar 16:9. LCDnya juga sangat berguna untuk melihat video yang telah direkam dan hal tersebut akan lebih memudahkan Anda daripada menggunakan viewfinder. Namun beberapa LCD biasanya memiliki tampilan yang tak cukup baik saat digunakan di bawah sinar matahari langsung.

  • Stabilizer gambar (Image stabilizer)

Fitur berikutnya yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli handycam yaitu stabilizer gambarnya. Fitur ini berfungsi untuk meminimalisir guncangan yang terjadi saat merekam video. Stabilizer yang ada biasanya berupa stabilizer elektronik atau optical. Namun untuk saat ini sudah ada produk yang memiliki kedua stabilizer tersebut, sehingga dengan adanya kedua stabilizer tersebut, hasil rekaman Anda akan jauh lebih bagus.

  • Mode automatis

Fitur yang satu ini akan memberikan Anda sebuah kontrol yang berfungsi untuk mendapatkan gambar secara fokus dan melakukan perekaman dengan mudah. Handycam Anda biasanya secara otomatis akan melakukan pengaturan keseimbangan warna, kecepatan pengambilan gambar, fokus dan besaran lensa. Biasanya penamaan fitur akan bergantung pada produsen masing-masing.

  • Autofokus

Fitur berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah Autofokus. Biasanya fitur ini terdapat hampir di seluruh jenis handycam. Fitur ini berfungsi membantu mendapatkan ketajaman video secara maksimal. Namun untuk beberapa produk tertentu, ada yang memiliki fitur manual-fokus yang bisa membantu Anda untuk menghadapi berbagai situasi seperti saat keadaan minim cahaya.

  • Perbesaran (Zoom)

Semua jenis handycam pasti memiliki fitur perbesaran. Biasanya fitur ini bisa diatur dengan menekan sebuah tombol perbesaran. Ratio yang digunakan untuk mengganti sebuah perbesaran akan bergantung dari seberapa lama Anda menekan tombol tersebut. Semakin lama ditekan, maka akan semakin dekat Anda dengan objek tujuan.

  • Perbesaran Optik (Optical Zoom)

Perbesar optik pada kamera umumnya 10:1 sampai 50:1. Semakin besar perbesaran optiknya maka akan semakin mahal handycam tersebut. Perbesaran optik juga bisa dikatakan dengan 10x optical zoom atau 50x optical zoom. Semakin besar zoom yang digunakan maka akan semakin bagus lensanya.

  • Kapabilitas merekam video 3D

Anda yang menggunakan handycam untuk merekam video 3D, maka harus memiliki produk yang memiliki kapabilitas untuk merekam video 3D.

 Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *