Pentingnya Tripod Kamera Dalam Fotograf

Tripod kamera alias si kaki tiga telah dipuji sebagai aksesori fotografi terbesar yang pernah ditemukan, dan dengan alasan yang baik. Tentu saja, konsep dasar tripod mendahului penemuan fotografi oleh setidaknya beberapa ratus tahun. Oleh para seniman, tentara, pelaut, astronom, surveyor, dan banyak lainnya telah menggunakam tripod untuk berbagai keperluan selama berabad-abad. Tripod fotografi mulai berkembang ke era fotografi sekitar tahun 1840, ketika versi kayu dari tripod  digunakan dengan kamera obscura. Sampai tahun 1880-an, dengan penemuan lebih sensitif piring perak-halida dan rol film yang fleksibel, hampir tidak ada gambar yang pernah diambil tanpa menggunakan tripod-mengingat sensitivitas rendah (ISO 1-3) dari pelat kaca yang lebih tua, mengambil gambar yang tajam dengan cara mengenggam adalah hampir mustahil

Jelas, fotografi telah datang jauh sejak tripod fotografi pertama dengan standar 1/4 × 20 pemasangan sekrup diperkenalkan sekitar tahun 1880, namun tripod kamera saat ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam fotografi. Memang, hampir semua fotografer profesional memiliki dan menggunakan sejumlah tripod dengan beberapa tipe yang kini berkembang di pasaran. Alasannya sederhana: Menjaga kamera tetap stabil, jernih, dan paling jelas untuk memastikan kualitas gambar yang luar biasa.

Baca Juga : Info Kamera DSLR Sony Cyber-Shot DSC-HX300

Sementara semua orang tahu bahwa tripod kamera sangat kokoh akan membantu Anda mendapatkan gambar yang tajam ketika Anda harus (atau ingin) menembak pada kecepatan rana lambat, dan menyediakan tempat bertenggernya body kamera Anda, berguna untuk menyusun lanskap atau potret. Untuk memberikan ide yang lebih baik dari apa tripod bisa lakukan untuk Anda, dan fotografer yang serius harus memiliki kurang lebih dari dua tripod, inilah hal yang terpenting dalam memaksimalkan kamera Anda untuk mendapatkan sekurang-kurangnya gambar yang berkelas.

Di sisi lain, tripod kamera meningkatkan kualitas capture: Untuk alasan disinggung di atas, tripod akan memungkinkan Anda untuk mengatur ISO yang lebih rendah saat mengambil gambar di bawah kondisi pencahayaan karena Anda dapat menembak gambar yang tajam pada kecepatan rana lebih lambat. Kebanyakan kamera digital memberikan kualitas gambar yang optimal. Ketika Anda mengatur ISO ke 100 atau 200.

Jadi jika anda adalah calon fotografer, tripod adalah bagian penting dan ensensial dari daftar peralatan fotografer anda. Perannya sebagai dukungan yang stabil untuk, yang memungkinkan fotografer untuk memotret secara maksimal Tripod tidak cocok untuk fotografer bepergian, mereka sering menambahkan berat badan yang besar untuk bagasi dan rumit dan canggung untuk  dibawa dan digunakan ketika berpergian ke tempat-tempat jauh atau terntun. Namun ada tripod yang telah dirancang khusus untuk fotografer wisata memungkinkan fotografer yang hobi travel bebas untuk bepergian dan membawa tripod nya untuk waktu yang cukup lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *