Pengen Punya Foto Bak Hasil Fotografer Keren? Ini Tipsnya

Megabadikan momen spesial selalu menjadi hal yang menyenangkan. Jika pada momen besar kamu biasanya menggunakan jasa fotografer professional, kamu bisa mengabadikan momen kecil penuh kenanganmu sendiri dengan kamera mirrorless. Supaya hasilnya tidak kalah keren dengan jepretan fotografer professional, kamu wajib banget tahu tips-tips berikut ini. Penasaran apa saja tips agar hasil fotografer keren? Yuk baca di sini.

Ciptaan Efek Dramatis

Kamu pasti sering melihat jepretan keren yang memanfaatkan efek dramatis. Efek dramatis ini sering menggelitik dan menyentuh hati orang yang melihat hasil jepretan dengan efek yang satu ini. Tak jarang orang merasakan kebahagiaan dan kesedihan yang digambarkan. Kamu bisa menciptakan efek dramatis dengan cara yang sederhana seperti mengatur pencahayaan dan saturasi.

 

Pilih Posisi yang Memenuhi Kebutuhan Cahaya

Pencahayaan adalah unsur paling penting dalam fotografi. Pastikanlah cahaya yang ada suudah mencukupi ketika kamu hendak menganbil foto. Jika kamu mengambil foto di luar ruangan, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari yang sudah tersedia. Namun, kamu perlu memperhatikan posisi cahaya matahari tersebut, jangan sampai kamu mengambil foto dengan objek yang membelakangi sinar matahari. Jika itu terjadi, hasil jepretanmu akan backlight dan kurang bagus. Posisi cahaya yang paling ideal adallah 45 derajat di atas objek foto. Jika kamu menngambil foto di dalam ruangan, kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu atau bahkan senter yang ada di ponselmu. Cukkup sederhana bukan?

 

Pegang Kamera dengan Stabil

Memegang kamera dengan stabil ketika mengambil gambar sangatlah penting untuk menghindari hasil jepretan yang blur atau tidak fokus. Pastikan kamu memegang kamera dengan baik dan stabil pada saat da setelah menekan tombul shutter. Jangan langsung menggerakkan posisi kamera setelah menekan tombol shutter. Hal ini dilakukan untuk menghindari berpindahnya titik fokus dan efek goyang kamera.

 

Atur Komposisi yang Baik

Segala sesuatu haruslah memiliki komposisi yang baik dan pas, termasuk foto. Selain memperhatikan komposisi foto, kamu juga perlu memeperhatikan dan menyesuaikan teknik, jenis, dan objek yang akan diambil. Misal, ketika mengambil objek pemandangan, kamu bisa menggunakan teknik pengambilan gambar dengan posisi landscape. Kemudian, yang juga tak kalah penting dalam hal fotografi adalah hukum rule of third. Isi dari hukum imi adalah memosisian objek pada perpotongan garis imajiner yang akan membuat fotomu semakin keren.

 

Ambil Angle Keren

Sudut pengambilan gambar biasanya juga menjadi hal penting yang akan memengaruhi kualitas jepretanmu. Ada banyak angle atau sudut yang bisa kamu terapkan dalam mengambil foto. Beberapa di antaranya adalah eye level, high level, low angle, dan frog eye angle. Sudut pengambilan foto ini akan menentukan kesan dalam sebuah foto. Misal, ketika kamu menggunakan low angle, objek yang kamu ambil akan terlihat lebih besar dan kuat. Sementara itu, high angle akan membuat objek yang kamu ambil terlihat lebih kecil dan lemah. Hayo…tertarik mencoba semua angle?

 

Kunci Titik Fokus

Sebuah foto yang baik tentunya memiliki pengaturan fokus yang jelas dan baik. Unsur-unsur fotografi lain seperti komposisi, cahaya, dan angle foto akan hilang jika sebuah foto kehilangan fokusnya. Oleh karena itu, selalu pastikan kamu telah mengunci titik fokus pada objek yang ingin kamu tekankan atau tonjolkan dalam jepretanmu sebelum mengambil foto. Mengunci titik fokus berfungsi untuk menghindari hasil jepretan yang blur alias tidak fokus.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan jepretan keren bak hasil fotografer profesional. Untuk kamu yang ingin mencari kamera mirrorless untuk coba mempraktikan tips di atas, kamu bisa mencarinya di https://review.bukalapak.com/gadget/19-daftar-kamera-mirrorless-bagus-dari-berbagai-merek-di-pasaran-indonesia-26098. Selamat mencari dan mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *