Pastikan Kamu Punya Aplikasi Cek Kesehatan Tubuh Ini!

Menjadi seseorang yang aktif dan sibuk dengan agenda-agenda harian, di hari ini, pasti tidak banyak dari kita yang memerhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Terkadang, karena tidak ada yang mengingatkan atau memotivasi, kita jadi cenderung abai dan lupa untuk berolahraga maupun sekadar mengatur pola makan dan hidup sehat. Di era teknologi ini, kita cenderung lebih perhatian terhadap gawai/gadget kita dibanding kebugaran tubuh kita. Nah, jika kamu adalah salah satu yang tidak bisa lepas dari smartphone atau gawai kamu, sekarang ini kamu tidak perlu khawatir jika tidak ada yang mengingatkan kamu untuk menjaga kebugaran tubuh kamu. Saat ini, smartphone kamu bisa diinstall dengan aplikasi-aplikasi cek kesehatan tubuh yang akan membantumu memerhatikan kesehatan tubuh kamu. Salah satu yang paling populer dikalangan masyarakat millennial dan kalangan muda adalah aplikasi jogging.

Aplikasi jogging memang cukup digemari. Aplikasi satu ini memiliki beberapa fungsi yang dapat membuat penggunanya tidak abai terhadap kebugaran tubuhnya. Secara umum,aplikasi-aplikasi jogging yang telah tersedia mempunyai fungsi untuk mengukur jarak lari, lama waktu lari/jalan kaki, kecepatan per km, serta jumlah kalori yang terbuang.

Dari informasi tersebut,setidaknya setiap kali melakukan lari atau jogging, seseorang akan terpacu untuk membakar kalori lebih dan berusaha menjaga kebugaran tubuhnya. Terlebih lagi, ada fitur pemeringkat yang bisa menghubungkan peringkat lari dan jumlah kalori yang terbuang dengan pelari lain. Karena jiwa kompetitif kita, kadang hal itu akan membuat kita makin terpacu untuk lebih baik dari yang orang lain capai, terutama jika itu teman dekat kita. Dengan demikian, sistem ini secara tidak langsung berfungsi efektif memperingatkan kita untuk terus berolahraga. Terlebih lagi, aplikasi-aplikasi jogging biasanya punya notifikasi pengingat yang akan memperingatkan kita jika kita lupa untuk tidak jogging. Nah, sudah seperti diingatkan orang tua atau pacar saja, ya. Aplikasi-aplikasi jogging yang cukup populer digunakan, di antaranya Sportactive GPS running Cycling DistanceTracker, Start Running, Run The Music, Nike Run Club, Running distance tracker, dan Runtastic Running App & Mile Tracker.

Selain aplikasi jogging,terdapat pula beberapa aplikasi cek kesehatan tubuh yang cukup populer dan sangat membantu kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. apa saja aplikasi tersebut? Berikut uraiannya.

  • DokterBabe

Aplikasi satu ini adalah aplikasi yang cukup wajib dimiliki kamu yang memang mengkhawatirkan kesehatan kamu. Melalui aplikasi ini kamu bisa mendapatkan sumber referensi mengenai kesehatan. Kamu bisa membaca tips menjaga kesehatan atau pun artikel mengenai bahaya yang harus kamu hindari agar tubuh kamu tetap sehat. Yang paling penting adalah, pada aplikasi ini, kamu bisa berkonsultasi terkait kondisi kesehatan kamu saat itu.

  • Calorie Counter

Penggunaan aplikasi ini pada smartphone kamu akan menuntun kamu untuk memerhatikan kalori yang kamu konsumsi dan mendekam di tubuh kamu. Kalori yang terlalu sedikit akan membuat tubuhmu kekurangan energi, sedangkan kalori yang terlalu banyak akan membuat tubuh kamu tidak sehat.

Guna aplikasi ini adalah memberi tahu kamu konsumsi kalori kamu berdasarkan apa yang kamu makan seharian. Dengan kalkulasi yang ditawarkan aplikasi ini, kamu juga akan dituntun pada program diet yang tepat sesuai jumlah kalori dalam diri kamu.

  • Itriage Health

Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk melakukan diagnosa penyakit yang mungkin kamu idap. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan gambaran diagnosa penyakit yang sering diidap jika pola hidupnya seperti yang kamu informasikan (input dalam aplikasi).

  • BMI Calculator

BMI sendiri merupakan singkatan dari Body Mass Index. Dari kepanjangan itu, setidaknya kamu akan mendapatkan gambaran fungsi dari aplikasi ini. Fungsi aplikasi ini tentunya untuk menghitung, menentukan, dan memastikan berat badan kamu (ideal atau tidak) sehingga kamu bisa berusaha menjaga atau menurunkan berat badan kamu.

  • Periksa Kesehatan

Terakhir, aplikasi yang kami rekomendasikan adalah aplikasi buatan anak bangsa, yakni Periksa Kesehatan. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengetahui indikasi kesehatan atau pun penyakit yang kamu alami. Ini penting untuk kamu pertimbangkan sebelum kamu checkup ke dokter.

Nah, itu tadi rekomendasi dari kami mengenai aplikasi cek kesehatan tubuh yang dapat kamu gunakan di smartphone ataupun gawai kamu. Sudah sehatkah tubuhmu? Kalau kamu ragu, segeralah instal aplikasi-aplikasi di atas agar kamu lebih memerhatikan kesehatan dan kebugaran kamu.

Referensi: https://review.bukalapak.com/techno/5-aplikasi-lari-di-smartphone-untuk-yang-hobi-lari-3822

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *