Menilik Manfaat Penting Tripod Kamera dalam Fotografer yang Belum Diketahui Banyak Orang

Secara spesifik memiliki kamera untuk kebutuhan profesional tentu tidak cukup sekedar punya kamera lengkap dengan lensanya. Anda perlu mengembangkan gear yang dimiliki untuk mengoptimalkan penggunaan kamera tersebut. Setelah dirasa mulai belajar meningkatkan kemampuan fotografi maka pertimbangkan untuk membeli tripod kamera. Ya, tripod sendiri termasuk aksesoris pelengkap kamera yang punya peran vital dan sering pula disebut sebagai kaki tiga. Fotografer biasanya sering dijumpai memakai tripod maupun monopod ketika meliput acara olahraga.

Mengenal Manfaat Lebih dari Tripod

Fungsi utamanya adalah membantu menyangga kamera, akan tetapi kemudian muncul pertanyaan apakah tripod ini hanya hiasan? Pasalnya sekedar menyangga kamera tentu mengandalkan kedua tangan tidak dirasa kurang. Padahal kembali lagi secara spesifik tripod punya manfaat penting dalam fotografer, diantaranya adalah:

Baca juga: Rekomendasi Tripod Kamera Terbaik Saat Travelling

  • Mengurangi beban selama memotret,

Fungsi paling utama dari tripod memang sebagai penyangga kamera sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi beban. Pasalnya ada beberapa jenis lensa yang berat sehingga mudah membuat tangan sakit dan kelelahan. Supaya aktifitas memotret tidak terhenti mendadak maka gunakan tripod ini dijamin bisa membidik secara maksimal dengan hasil lebih memuaskan.

  • Membantu menahan goncangan,

Penggunaan tripod kamera sangat membantu meredam goncangan pada saat membidik obyek sehingga menghasilkan foto berkualitas. goncangan ini akan membuat hasil foto malah menjadi blur atau kabur dan tidak jelas, sehingga hasilnya malah tidak mudah dibaca. Terlebih untuk memotret di tengah keramaian, benda yang bergerak seperti aliran air, dan lain sebagainya. Tentu akan membuat kamera mudah sekali mengalami goncangan. Hasilnya jauh dari kata memuaskan, maka sempurnakan dengan tripod ini.

  • Alat bantu untuk selfie maupun groupi,

Memotret diri sendiri tentu tidak masuk akal jika menggunakan kamera DSLR yang berat dan hanya memiliki satu lensa. Maka kemungkinan ini bisa diwujudkan dengan menggunakan tripod sehingga kamera disangka dan melakukan pengaturan memotret dengan timer. Selain untuk selfie cocok pula untuk foto grup sehingga semua orang yang ada di lokasi tersebut ikut masuk ke dalam foto. Sebab tidak ada yang berkorban absen karena menjadi pemegang kamera, Anda pun akan puas mengabadikan moment di hari spesial dengan adanya tripod.

  • Membuat hasil foto lebih kreatif,

Beberapa kondisi membuat Anda memotret obyek dengan rana rendah, misalnya laju lalu lintas di malam hari ataupun gerakan air di sebuah air terjun. Semua ini bisa dengan mudah dibidik memakai tripod tentunya setelah kamera dibekali dengan lensa yang tepat. Intinya dengan memakai tripod maka hasil foto bisa lebih kreatif. Yakni bisa memotret arus kendaraan dengan jelas meski di beberapa titik obyeknya kabur karena rana rendah tadi. Hasilnya tentu lebih menarik dan indah, sehingga tripod kamera menjadi aksesoris yang baik untuk dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *