Mengulas Beragam Kelebihan dari Jenis Lensa Kit untuk Fotografi

Lensa kamera mempunyai banyak sekali ragamnya di pasaran dan bisa dipilih sesuai dengan efek yang ingin dihasilkan. Salah satu jenis lensa yang ada adalah lensa kit yang merupakan lensa standard yang sudah ada di kamera ketika membelinya. Lensa ini dikenal juga sebagai lensa starter yang bisa digunakan untuk kegiatan fotografi sehari-hari dengan hasil yang lumayan tetapi apabila dibandingkan dengan lensa lainnya masih mempunyai kualitas yang ketinggalan. Jenis lensa ini menghasilkan gambar tajam dan juga menawarkan beberapa kelebihan lainnya yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

 Mengulas Beragam Kelebihan dari Jenis Lensa Kit untuk Fotografi

  • Memilih panjang focal yang klasik

Kelebihan pertama dari lensa starter ini adalah mempunyai panjang yang standard atau klasik. Lensa ini mempunyai 4 panjang focal klasik sehingga dapat untuk menggantikan empat lensa prime secara sekaligus. Pada umumnya empat panjang focal pada lensa ini adalah 28 mm, 35 mm, 50 mm, hingga 85 mm untuk menghasilkan gambar portrait. Akan tetapi pada umumnya kamera APSC yang ada di pasaran mempunyai rentang panjang focal antara 18 hingga 55 mm. Sehingga jenis lensa ini setidaknya akan menghasilkan fungsi dasar empat lensa pada kamera.

  • Ukurannya kecil dan ringan

Kelebihan selanjutnya dari lensa kit adalah mempunyai ukuran yang kecil dan ringan. Lensa ini seperti yang telah dijelaskan sudah didapatkan satu paket dengan kamera ketika membelinya dan mempunyai panjang lensa 18 hingga 55 mm. Sehingga lensa ini tampak polos, mempunyai berat yang ringan, dan juga ringan apabila dibawa kemana-mana. Dimana pada umumnya lensa ini hanya mempunyai panjang maksimal 6 hingga 12 cm dengan berat sekitar 800 gram saja.

  • Filter harganya murah

Kelebihan yang bisa didapatkan apabila memilih lensa starter ini adalah mempunyai filter dengan harga lebih terjangkau. Filter lensa ini bisa didapatkan dengan harga murah karena menyesuaikan dengan diameter lensanya yang juga kecil. Sehingga dengan ukuran yang kecil maka membuat harganya lebih murah berbeda dengan ukuran lensa yang besar lainnya yang harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli filter yang lebih mahal. Untuk harga filter lensa ini sendiri pada umumnya sekitar 700 ribu hingga 1 jutaan rupiah saja.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  • Fitur yang bagus

Dan kelebihan terakhir dari lensa kit ini adalah mempunyai minimum focusing distance yang sudah bagus. Minimum focusing distance adalah kemampuan lensa untuk memotret obyek yang mempunyai jarak dekat. Sehingga bagi Anda yang suka untuk mengambil gambar dari obyek dengan jarak dekat akan sangat dibantu apabila menggunakan lensa jenis yang satu ini. Karena walaupun hasilnya tidak sebagus hasil lensa makro, tetapi untuk kualitasnya sudah sangat bagus karena memiliki MFD yang bagus.

Bagaimana informasinya cukup membantu bukan? Setidaknya ini bisa memberikan sedikit pencerahan buat Anda yang suka fotograpi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *