Mengenal Tipe Lensa Kamera yang Saat Ini Banyak Digunakan Fotografer

Tak dapat dipungkiri jika dunia fotografi di era yang sudah modern seperti saat ini sudah berkembang dengan luar biasa cepat. Tak heran jika kini dunia fotografi pun makin lama makin digandrungi oleh banyak orang dari semua kalangan. Untuk bisa memaksimalkan hasil foto, tentunya membutuhkan lensa kamera tambahan. Lensa tambahan ini akan mampu memberikan kualitas zoom serta gambar dengan lebih sempurna. Untuk mendapatkan lensa tambahan pun kini sudah sangat mudah mengingat ketersediaan merk hingga toko lensa dan kamera yang sudah sangat banyak di pasaran.

Mengenal Tipe Lensa Kamera yang Saat Ini Banyak Digunakan Fotografer

Anda harus tahu jika ada juga beberapa tipe dalam lensa untuk kamera. Berikut ini beberapa tipe lensa untuk kamera yang harus Anda ketahui:

  • Lensa prime

Apabila Anda menemukan kamera yang dan ada kombinasi huruf “f” serta garis miring hanya satu saja misalnya Canon 20mm EF f/2.8 maka inilah yang disebut dengan lensa prime dimana berjarak fokus untuk satu arah dengan tanpa ada fitur zoom. Meski demikian, bukaan pada aperture luas dan juga hasil gambarnya yang tajam tentu memungkinkan pengguna untuk bisa ambil gambar di situasi yang minim cahaya sekalipun. Hal ini pun bisa menjadikan lensa prime ataupun lensa fix mempunyai nilai tambah tentu di samping bobotnya yang ringan sehingga akan membuat pengguna mudah membawanya kemana-mana.

  • Lensa wide

Selain lensa prime, ada lensa wide dimana lensa ini mempunyai kekuatan utama di pengambilan gambarnya yang lebar di jarak baik dekat maupun jauh. Untuk pengambilan gambar yang lebar ini, maka menjadikan kamera dengan lensa wide cenderung lebih cocok jika akan dipakai pada foto landscape. Lensa kamera ini bisa dipakai untuk foto yang libatkan banyak obyek foto yang ada di dalamnya. Kini lensa wide sudah tersedia di berbagai ragam pilihan baik wide angle sampai extreme wide angle sekalipun.

  • Lensa tele dan makro

Jika Anda kini sedang cari gear kamera lensa yang memiliki fokus fleksibel, maka bisa incar lensa tele. Panjang untuk fokus pada lensa tele bisa mencapai 50 sampai 200 mm sehingga menjadikan lensa ini cocok bagi fotografi dimana butuh pembidikan dengan jarak yang jauh contohnya saja di setting wildlife atau olahraga. Kedalaman gambar yang ada di lensa tele pun memungkinkan Anda untuk ambil gambar dengan lebih fokus di obyek fotonya sehingga cocok jika dipakai untuk fotografi makro dengan fokus obyek terarah.

Baca juga Cara Mencegah Munculnya Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Itulah beberapa tipe lensa kamera yang bisa jadi pilihan Anda. Kini sudah ada ragam merk dengan kelas lensa yang berbeda. Harganya pun dimulai di angka ratusan ribu sampai jutaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *