Mengenal Lensa Fix dari Sisi Fungsi dan Kelebihannya

Tak dapat dipungkiri jika kamera seolah tak ada arti jika tanpa adanya lensa. Namun dengan banyaknya pilihan gear lensa saat ini, kadang justru membuat para fotografer bingung, terutama yang masih di kelas pemula. Seiring dengan dunia fotografi yang kian berkembang maka untuk bisa memaksimalkan hasil foto, tentunya membutuhkan lensa kamera tambahan. Lensa tambahan ini akan mampu memberikan kualitas zoom serta gambar dengan lebih sempurna. Salah satu jenis lensanya yakni lensa fix.

Mengenal Lensa Fix dari Sisi Fungsi dan Kelebihannya

Perlu diketahui jika harga dari lensa tambahan untuk kamera saat ini sudah sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta pun ada. Sebetulnya secara umum, untuk jenis lensa kamera yang ada di aktivitas fotografi saat ini terbagi menjadi lensa zoom dan juga lensa jenis fix atau biasa disebut lensa prime dimana masing-masingnya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Tentu dalam pemilihannya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun dalam pembahasan yang satu ini, akan lebih menekankan di lensa prime.

Untuk lensa prime sendiri memiliki ragam kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki lensa prime:

  • Kecepatan lensa

Kecepatan tentu menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lensa prime. Contohnya adalah di lensa fix yang berukuran 50 mm dimana ternyata memiliki aperture maksimal sehingga bisa memungkinkan pengguna memotret di kondisi cahaya minim. Anda pun bisa atur bukaannya sampai f/1.8 ataupun f/1.4 sehingga memotret di kondisi remang pun akan tetap baik. Efek blur pun akan bagus sehingga bagi penyuka efek bokeh tentu akan sangat berguna.

  • Ukuran

Memang dapat diakui jika lensa prime memiliki keterbatasan ketika melakukan zooming. Namun tenang saja karena sebetulnya ini tidak akan jadi penghalang demi bisa capai hasil gambar terbaik. Lantaran ketetapan tersebut, maka Anda bisa ubah framing di obyek foto dengan pindah posisi atau gerakkan badan hingga kaki.

  • Komponen optik mumpuni

Kelebihan utama lainnya yang ada di lensa prime juga adalah dengan susunan optik yang ada di dalamnya dimana bisa relatif lebih sederhana jika dibanding dengan lensa jenis lainnya. Contohnya saja untuk lensa prime dengan ukuran 50 mm yang harganya murah, bahkan mampu berikan kualitas foto cukup tajam hingga Chromatic Aberration.

  • Cocok untuk fotografi makro

Apabila Anda telah memiliki lensa prime, maka lensa ini juga akan cocok untuk memotret fotografi makro sehingga nampak tak perlu lagi membeli lensa makro sekalipun. Anda bisa padukan lensa prime dengan extension tube dimana hasilnya nanti sudah bisa bersaing.

Baca juga Rekomendasi Lensa Tamron Tele yang Akan Sempurnakan Foto Anda

Itulah beberapa keunggulan yang ada di lensa fix atau biasa disebut juga dengan lensa prime. Jadi, sudah mantap membeli lensa prime?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *