Mengenal Kelebihan Kamera Mirrorless

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang sangat besar akan kamera yang canggih, berbagai produsen dan brand kamera berlomba-lomba untuk memproduksi berbagai jenis dan tipe kamera yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang memanjakan dan memudahkan fotografer demi menarik perhatian pasar. Persaingan antar produsen kini semakin ketat. Berbagai seri kamera rilisan sebuah pabrikan yang semula sudah dianggap unggul terus diperbarui dengan ditambahkan berbagai fitur terbaru mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini, begitu banyak jenis dan tipe kamera yang tentu akan membantu fotografer dalam kerja pengambilan gambar. Tidak hanya terus mengupgrade seri-seri rilisannya, para produsen kamera juga menciptakan kamera jenis terbaru. Salah satu jenis kamera terbaru yang saat ini sedang banyak diburu oleh penggemar fotografi adalah kamera mirrorless. Berikut ini adalah ulasan mengenai keunggulan kamera tanpa cermin pembalik ini.

Bisa Memakai Lensa Manual Apapun

Salah satu kelebihan kamera jenis mirrorless adalah bisa memakai lensa apapun, dengan syarat adapternya harus tepat. Jarak antara sensor (flage dintance) yang sangat pendek membuat kamera yang satu ini cocok menggunakan berbagai lensa. Adapun lensa yang sangat dianjurkan untuk dikombinasikan dengan kamera ini adalah lensa leica.

Memiliki Kualitas yang Sama dengan DSLR

Lupakanlah kamera DSLR yang memiliki bobot berat dan berharga mahal. Kamera mirrorless kini dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang sama dengan DSLR, asalkan ukuran sensornya sama. Kamera jenis ini sangat digemari karena selain foto yang dihasilkan menyamai kualitas DSLR, harga kameranya jauh lebih murah, dan tentu bobotnya jauh lebih ringan sehingga mudah ketika akan dibawa traveling.

Memiliki Ukuran Lebih Kecil dan Lebih Ringan

Sebagian besar kamera jenis mirrorless ini diproduksi dengan ukuran yang kecil dan sangat ringan. Perbandingannya, kamera DSLR dengan resolusi di atas 10 megapixels umumnya memiliki bobot di atas 1,5 Kg, bandingkan dengan kamera jenis mirrorless ini, mirrorless camera dengan resolusi 10 megapixels bobotnya rata-rata hanya sekitar 700 gram saja.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kamera Fujifilm Mirrorless X-A2

Shutter Kamera Lebih Senyap dan Fleksibel

Jika kamera DSLR umumnya menghasilkan suara “cekrek” yang berisik ketika mengambil gambar, kamera jenis mirrorless ini tidak menghasilkan suara alias cenderung senyap. Tidak adanya suara mirror yang bergerak ketika shutter sedang bekerja mengambil gambar membuat kamera ini cenderung silent. Meski cenderung senyap, shutter pada kamera ini tetap bisa bekerja dengan maksimal, sebab umumnya kamera ini difasilitasi dengan shutter elektronik tanpa suara.

Meski memiliki berbagai kelebihan sebagaimana disebutkan di atas, kamera mirrorless ini juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan yang paling mencolok adalah lebih boros baterai. Kamera ini memiliki daya yang sangat besar untuk menampilkan view dari sensor ke LCD. Sebagai perbandingan, jika kamera DSLR dengan satu baterai bisa menghasilkan sekitar 800 foto, kamera jenis mirrorless ini dengan satu baterai hanya menghasilkan sekitar 350-400 foto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *