Mengenal Kamera Polaroid dari Segi Kelebihan dan Kekurangannya

Kamera Polaroid tentu tidaklah asing ditelinga kita karena kamera jenis ini pernah populer beberapa waktu lalu dan sekarang pun masih banyak yang menggunakannya untuk menangkap momen-momen penting di hidup seseorang. Kamera ini pertama kali dirancang oleh Edwin Lard pada tahun 1947, namun sampai sekarang pun orang-orang masih kerap memakainya. Meskipun sudah lama ditemukan, namun kualitasnya tidak kalah dengan kamera canggih saat ini. Dengan mengeluarkan hasil bergaya retro lah yang menjadi daya tarik kamera jenis ini dan membuatnya terlihat lebih elegan dan klasik.

Jenis ini memang bagus dan memang sangat mudah untuk dipakai dan dibawa kemana pun. Namun sebelum membeli kamera jenis ini, ada baiknya Anda mengetahui dan mengenal lebih dalam segala sesuatu tentangnya. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerugian yang dapat tercipta dari kamera tersebut serta mendapat keuntungan yang banyak dalam pemakaiannya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari kamera Polaroid yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya:

  • Mudah digunakan. Jenis ini sangat cocok untuk digunakan siapa saja, bahkan para fotografer pemula dan orang awam sekalipun. Memang jenis ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi yang menggunakannya dan hanya memiliki 1 tombol saja sehingga tidak membingungkan.
  • Hasil foto langsung jadi. Ketika Anda selesai memotret, gambar pun akan keluar dalam 3 sampai 5 menit dan Anda pun dapat mengecek hasil tersebut dengan cepat.
  • Eksklusif. Jenis ini hanya mencetak 1 lembar foto untuk satu kali jepretannya. Jadi tidak bisa diperbanyak dan membuatnya menjadi lebih spesial.
  • Desainnya unik. Ada berbagai macam warna, bentuk dan karakter untuk jenis ini. Selain itu, ada juga aksesorisnya berupa hardcase yang beragam serta refill film dengan berbagai gambar dan desain.
  • Pilihan tepat untuk dipakai di outdoor. Hal ini dikarenakan adanya sinar matahari yang dapat memberikan hasil maksimal saat memotret dan tidak harus diatur keterangan, pencahayaan, dan lain sebagainya.

Selain mengetahui kelebihan, Anda juga harus mengetahui kekurangan jenis ini. Berikut adalah kekurangannya:

  • Ukuran hasil fotonya sangat terbatas, tidak bisa disesuaikan besar atau kecilnya.
  • Harus selalu refill kertas foto dan harus membawanya kemana pun Anda pergi.
  • Harga kertas fotonya tergolong mahal.
  • Kualitas gambarnya tidak terlalu bagus seperti kamera lainnya.
  • Jika gelap, hasilnya pun tidak terlalu bagus.

Itu adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kamera Polaroid. Kamera jenis ini memang tidak berfokus pada hasil gambar yang detil dan sempurna, namun berfokus pada memberikan kenyamanan saat menggunakan serta kemudahan, dan juga memberi kesan yang lebih estetik dan eksklusif bagi penggunanya. Sebelum membelinya, Anda harus mempertimbangkan apakah yang dibutuhkan kamera jenis ini atau kamera yang berfokus pada kualitas hasil jepretan tersebut. Jika ingin mencari yang lebih mudah digunakan, kamera inilah jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *