Mengenal Jenis Lensa Kamera yang Perlu Anda Ketahui

Bagi anda pencinta dunia fotografi mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai hal yang berkaitan dengan fotografi termasuk salah satunya lensa kamera. Lensa pada kamera memang menjadi bagian yang penting selain bodi kamera. Selain itu, lensa ini juga memiliki peran yang begitu penting untuk pengaturan cahaya serta penentuan kualitas gambar. Jika anda merupakan pemula dalam dunia fotografi maka sangat penting untuk mengetahui tentang lensa pada kamera termasuk pula jenisnya. Saat ini terdapat bermacam-macam lensa untuk kamera yang disesuaikan pula dengan kebutuhan anda pengambilan gambar. Dengan memilih lensa yang tepat akan menghasilkan gambar yang berkualitas dan memuaskan.

Mengenal Jenis Lensa Kamera yang Perlu Anda Ketahui

Supaya anda bisa mengambil gambar dengan hasil yang bagus maka silakan memilih jenis-jenis lensa kamera yang tepat untuk kamera anda. Namun sebelum itu sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis lensa tersebut termasuk diantaranya yang paling sering dipakai adalah lensa zoom dan fix. Untuk anda yang penasaran dengan jenis lensa tersebut maka dalam artikel ini akan diberikan informasi lengkapnya untuk anda.

Mengenal Jenis Lensa Kamera

  1. Lensa Zoom
    Jenis lensa kamera yang pertama adalah lensa zoom. Dimana lensa kamera yang satu ini mempunyai bentuk yang panjang fokal dan lensanya juga bisa diubah-ubah. Salah satu jenis lensa zoom yang paling terkenal dan sudah banyak diketahui oleh para fotografer adalah lensa kit. Biasanya panjang fokal lensa kit tersebut mulai dari 18 mm hingga 55mm. Bahkan lensa yang satu ini menjadi yang paling terkenal karena harganya yang cenderung murah namun kualitasnya sangat bisa diandalkan. Selain itu, lensa zoom ini mempunyai kelebihan yaitu fleksibilitas yang bisa anda peroleh cukup dari satu lensa saja. Hal ini membuat anda tak perlu repot mengganti lensa lagi untuk memperoleh jarak fokus yang anda inginkan. Jika anda ingin memotret menggunakan fokal  lebar maka silakan pindahkan ke fokal lebar 18 mm dan jika ingin memotret dengan jarak tele maka silakan pindahkan ke posisi 55mm.
  2. Lensa Fix
    Jenis lensa kamera yang berikutnya adalah lensa fix yang merupakan kebalikan dari lensa zoom. Sebab jarak fokal untuk lensa fix tidak bisa diubah-ubah. Untuk menggunakan lensa ini, anda hanya bisa menggunakan kamera dengan fokal lensa yang sudah terdapat pada body lensa. Misalnya saja jika anda mempunyai lensa fix 50 mm maka anda tidak bisa memotret landscape dan memperoleh sudut pandang yang sama dengan lensa 18 mm. Tetapi lensa fix ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan lensa zoom dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan lensa zoom.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

Demikianlah penjelasan mengenai jenis lensa kamera yang sebaiknya perlu anda ketahui terutama untuk para pemula di dunia fotorgrafi. Bagi anda yang saat ini ingin belajar menggunakan kamera maka silakan pelajari jenis lensanya supaya nantinya anda bisa menggunakan kamera dengan benar serta menghasilkan gambar yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *