Mengenal Bagian-Bagian Tripod Kamera

Bagi fotografer, baik amatir maupun profesional, kebutuhan akan tripod kamera sangatlah penting, khususnya ketika ingin menangkap gambar dengan hasil terbaik tanpa adanya noise atau blur karena posisi kamera yang tidak rata.

Sebelum membeli tripod kamera, hendaknya jangan asal membeli, tapi ketahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk tripod serta fitur-fitur yang dimiliki oleh tripod. Tripod yang memiliki berat lebih besar biasanya akan memiliki stabilitas ekstra, akan tetapi apabila terlalu berat juga akan menyulitkan penggunanya ketika membawa tripod tersebut.

Apabila tripod hanya digunakan untuk pemotretan di studio atau di rumah, memilih tripod dengan bobot yang berat tentu tidak akan menjadi masalah, akan tetapi jika penggunaan tripod dibutuhkan untuk aktifitas outdoor, maka sebaiknya beli tripod dengan bahan alumunium atau serat karbon yang memiliki bobot lebih ringan.

Selain mengetahui bobot tripod yang dibutuhkan, ketahui pula kapasitas beban yang akan ditopang oleh tripod. Hitung bobot kamera, lensa, flash dan tripod head apakah bisa menopang semua perlengkapan kamera itu ataukah tidak. Jikalaupun memiliki pelengkapan memotret dengan bobot ringan, maka cukup beli tripod yang sesuai dengan kapasitasnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tripod, perlu diketahui juga mengenai bagian-bagian dari tripod, yaitu sebagai berikut:

Kepala Tripod

Ada dua macam tripod head, built in dan terpisah. Tripod head atau kepala tripod ada pada bagian atas, sebelum membeli, periksa terlebih dahulu kekuatan serta kestabilan tripod head. Kepala tripod yang tidak terlalu bagus biasanya posisinya masih tidak kencang dan terasa longgar meski seluruh kunci telah dikencangkan.

Baca juga: Cara Penggunaan Tripod Kamera yang Benar

Sedangkan untuk tripod head yang terpisah, harga tripodnya lebih mahal, karena tidak tersedia head bawaan dan tripod head harus dibeli terpisah.

Kolom atau Kaki Tengah

Beberapa tripod ada yang mempunyai kaki kecil tambahan pada bagian tengah, biasanya kaki tengah ini dapat ditarik ke bagian atas. Kolom atau kaki tengah ini berfungsi untuk menambah ketinggian tripod, akan tetapi jika digunakan saat kondisi sedang berangin bisa mengurangi kestabilan.

Tinggi Tripod

Tripod yang dijual di pasaran memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Semakin tinggi tripod maka semakin banyak situasi pemotretan yang bisa diabadikan. Akan tetapi hal itu juga membuat bobot tripod semakin besar.

Kaki Tripod Bisa Direntangkan

Beberapa jenis tripod ada yang mempunyai kaki yang dapat direntangkan sehingga dapat dipasang pada permukaan miring. Kondisi ini sangat menguntungkan untuk memotret landscape.

Jumlah Segmen Kaki

Jumlah segmen atau potongan kaki tripod sekitar 2 – 4. Semakin banyak segmen kaki maka akan menjadikan kondisi bagian bawah tidak stabil. Akan tetapi semakin banyak segmen juga akan membuat tripod menjadi ramping sehingga nyaman ketika dibawa.

Gantungan Beban

Beberapa tripod memiliki kait di bagian bawah kolom tengah ang bisa digunakan sebagai gantungan beban yang akan membuat tripod lebih stabil.

Pemilihan tripod kamera sangatlah penting, karena apabila tak mengetahui bagian-bagian tripod serta tripod seperti apa yang dibutuhkan, justru akan menghambat pemotretan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *