Mengenal Bagian-bagian Kamera DSLR dan Fungsinya

DSLR dikenal sebagai jenis kamera yang paling canggih dibandingkan dengan yang lainnya, hal ini dikarenakan fitur-fitur pada kamera tersebut sudah jauh lebih lengkap dibandingkan dengan yang lainnya. Sebagian banyak diantaranya juga sudah menggunakan resolusi yang sangat tinggi, bagian yang memang sangat penting di dalam mendapatkan hasil gambar lebih jernih. Jadi khusus untuk Anda yang ingin belajar mengenai fotografi, maka pastikan memiliki kamera DSLR terlebih dahulu.

Khusus untuk tawaran harganya sendiri memang tak bisa dipungkiri jika seandainya jenis kamera yang satu ini juga lebih mahal dibandingkan yang lainnya, biasanya mulai dari 5 jutaan rupiah, tergantung dari merk yang ingin Anda jadikan sebagai pilihan. Karena semakin bagus merknya, maka tak bisa dipungkiri jika tawaran harganya juga jadi kian mahal. Adapun juga beberapa produk yang ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih murah, seperti diantaranya yang sudah bekas, namun konsumen harus lebih cermat dalam memilih.

Kamera DSLR pada dasarnya memang memiliki banyak sekali bagian, khusus untuk pemula wajib mengetahui nama-nama dan juga fungsi dari bagian tersebut, berikut ini diantaranya:

  1. Lensa, bagian yang satu ini memiliki fungsi paling penting, menjorok ke depan dengan dilengkapi sebuah cermin, dipakai dalam memproses masuknya cahaya hingga terlihat sebuah gambar.
  2. Tombol stabilizer, tombol yang satu ini ada di bagian depan, dipakai untuk menstabilkan getaran tangan ketika Anda gunakan dalam membidik gambar, hanya saja tak semua lensa akan dilengkapi dengan tombol yang satu ini.
  3. Tombol on dan juga off, ini adalah tombol utama yang dipakai dalam menyalakan dan juga mematikan kamera, wajib tau karena tanpa bagian yang satu ini maka kamera tak akan bisa hidup atau menyala juga sebaliknya.
  4. Tombol shutter, tombol shutter digunakan untuk menjepret atau membidik gambar.
  5. Tombol fokus, untuk bagian yang satu ini umumnya memiliki 2 mode yaitu auto focus dan juga manual focus, ketika Anda menggunakan model autofocus maka dengan sendirinya kamera akan menjepret secara fokus ketika tidak bergerak. Sebaliknya ketika Anda bergerak maka gambar juga belum bisa di jepret karena tidak focus, sedangkan untuk seri manual umumnya focus akan diatur sendiri.
  6. Tombol navigasi, bagian yang satu ini berfungsi untuk mengendalikan sebuah navigasi atau bagian yang berhubungan dengan kamera tersebut, umumnya berbeda merk maka bentuknya juga berbeda-beda.

Itulah sedikit mengenai tombol-tombol yang ada pada sebuah kamera yang harus Anda ketahui, khususnya bagi yang ingin belajar mengenai fotografi. Umumnya kamera DSLR memang memiliki banyak tombol dengan fungsi yang berbeda-beda, itulah yang membuat hasil jepretan bisa diatur dengan lebih baik, menghasilkan gambar yang cantik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *