Memahami Kelebihan Lensa Fix Bagi Pemula

Memahami perbedaan antara lensa fix dan lensa zoom sangat penting dalam menentukan lensa mana yang paling baik untuk jenis fotografi tertentu. Memilih jenis lensa yang terbaik untuk suatu situasi tergantung pada subjek dan niat fotografer. Sementara perspektif dan komposisi adalah pertimbangan utama, hal-hal seperti berat, anggaran, kepraktisan, dan ketersediaan sama pentingnya dengan visi artistik.

Memahami Kelebihan Lensa Fix Bagi Pemula
Pemeriksaan yang cermat terhadap penggunaan lensa fix dan lensa zoom adalah salah satu cara untuk membedakan perbedaan khusus untuk kebutuhan fotografi Anda. Fotografer profesional merasa menguntungkan untuk menggunakan kedua lensa untuk berbagai jenis subjek dan acara fotografi.

Apa Itu Lensa Fix?

Juga disebut sebagai “prime lens” atau “lensa prima”,  lensa fix memiliki panjang fokus yang tidak dapat disesuaikan. Fotografer tidak dapat memperbesar dan memperkecil subjek tertentu saat menggunakan lensa jenis ini. Seringkali digunakan sebagai kebalikan dari zoom, lensa prima hanya memiliki satu focal length, dengan bagian yang bergerak lebih sedikit dan formula lensa yang lebih sederhana.

Lensa fix tetap cenderung menghasilkan gambar dengan penyimpangan kromatik (pinggiran warna sepanjang batas bagian gelap dan terang dari suatu gambar).

Keuntungan

  • Optik Sederhana

    Optik yang lebih sederhana dari lensa prima tetap berarti bahwa ia memiliki aperture maksimum yang lebih besar (f-number yang lebih kecil). Aperture lensa adalah celah di mana cahaya bergerak, semakin besar pembukaan, semakin kecil f-number. Aperture yang lebih besar memungkinkan fotografi dalam cahaya rendah dan untuk foto dengan kedalaman bidang yang dangkal. Kedalaman bidang mengacu pada area foto yang terlihat tajam dibandingkan dengan area yang tampak buram. Misalnya, dalam bidang kedalaman yang dangkal, subjek foto akan tampak tajam, tetapi latar belakangnya akan tampak buram. Dalam foto dengan kedalaman bidang yang mendalam, sebagian besar atau semua foto akan menjadi fokus.
  • Bukaan Lebar

Aperture yang lebih lebar memungkinkan fotografer untuk menggunakan kecepatan rana yang lebih tinggi dengan nyaman untuk menangkap foto aksi tinggi secara berurutan dalam situasi cahaya rendah. Bahkan, lensa fix sering menjadi pilihan pertama untuk memotret situasi gelap, dalam ruangan, atau situasi sangat aktif seperti olahraga dalam ruangan dan teater langsung. Lensa ini memungkinkan untuk memotret di dalam ruangan tanpa menggunakan lampu kilat.

  • Gambar yang Jelas

    Gambar yang dihasilkan dengan lensa fix sangat tajam. Warna cenderung lebih akurat karena ada lebih sedikit elemen kaca antara subjek dan sensor gambar.

Baca juga artikel menarik lainnya di caricamera.com

  • Ringan

    Unsur kaca yang lebih sedikit juga membuat bobotnya menjadi lebih ringan. Jika anda ingin portabilitas maksimal, lensa prime jauh lebih ringan daripada lensa zoom. Lensa yang lebih ringan lebih mudah dibawa dan disimpan, terutama untuk pengambilan gambar di lokasi.
     

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *