Mau Punya Kamera Canon Baru? Simak Tips Membelinya di Sini

Buat kamu yang suka fotografi, memiliki kamera terbaik mungkin adalah impian kamu. Namun, setiap tahunnya produsen kamera selalu meluncurkan produk terbaru mereka. Canon, misalnya, belum lama ini merilis Canon M50 yang merupakan kamera Canon baru bagian dari lini EOS M. Kamera ini menawarkan banyak kelebihan dalam pemrosesan gambar, termasuk kemampuan merekam video dengan kualitas 4K. Mengambil gambar kualitas terbaik di tempat atau ruangan yang minim pencahayaan, menangkap momen terbaik dengan shutter  berkecepatan tinggi, sampai menghasilkan foto long exposure yang rapi bisa dilakukan dengan Canon EOS M50.

Nah, buat kamu yang ingin punya kamera Canon baru, jangan terburu-buru membelinya tanpa mempertimbangkan hal-hal berikut ini. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

 

Pilih yang sesuai kebutuhan

Memilih kamera itu lebih kurang seperti memilih ponsel. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu suka traveling, kamu bisa pilih kamera-kamera DSLR atau mirrorless yang cocok untuk traveling. Di lini EOS M dari Canon sendiri, ada Canon EOS M100 yang dibanderol dengan harga Rp6 jutaan. Biasanya, kamera untuk traveling itu mengutamakan antarmuka yang user friendly dan bobot yang ringan serta praktis digunakan.

Lain lagi kalau kamu memang mencari kamera untuk keperluan profesional. Kamera untuk fotografer profesional tentu membutuhkan teknologi terkini yang mumpuni. Dari Canon, ada seri Canon EOS D yang menghadirkan berbagai fitur andalan yang tak hanya mencakup resolusi kamera, tetapi juga ISO dan fitur unggulan lainnya. Harga yang tersedia pun berbeda-beda dan khusus untuk kamera profesional biasanya harganya lebih tinggi. Ditambah lagi kamu mungkin memerlukan lensa tambahan dengan harga mulai dari Rp3 jutaan untuk mengambil gambar dengan lebih maksimal.

 

Bukan soal harga, melainkan kemampuan memainkan kamera

Meski begitu, sebenarnya memilih kamera itu bukan melihat harganya. Seberapa mahalnya kamera tersebut, jika kamu bukanlah pengguna yang pandai memainkan lensa dan mengatur objekmu, hasil jepretan kamu mungkin akan sama saja dengan kamera pocket biasa. Hal ini karena, biar bagaimana pun, yang paling penting adalah kemampuan kamu memainkan kameramu. Jika kamu adalah operator terbaik dalam memainkan lensa, maka menggunakan kamera pocket sekali pun, kamu tetap bisa menghasilkan gambar yang mampu menangkap momen istimewa.

 

Kalau bujet belum cukup, bisa pilih aplikasi kredit

Kadang, karena kamera masih dianggap sebagai kebutuhan tersier yang boleh ada boleh tidak, agak sulit mengumpulkan uang untuk membeli kamera. Menabung untuk membeli kamera bisa berlangsung lama karena kamu bisa saja tergiur menggunakan uang tersebut untuk membeli ponsel, misalnya. Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan aplikasi kredit yang bisa memberikan limit kredit tertentu untuk pembelian kameramu. Saat ini, banyak tersedia aplikasi kredit yang tidak membutuhkan DP alias uang muka sehingga memiliki kamera bisa terjadi secara instan.

 

Pilih kamera bekas teman

Terakhir, jika kamu sudah punya dana khusus namun jumlahnya masih terbatas, kamu bisa mencari penjual kamera second hand alias bekas. Namun, sebisa mungkin kamu mencari kamera second hand dengan kualitas bagus. Bisa juga kamu beli dari teman yang ingin mengganti kamera lamanya dengan produk yang lebih baru. Kalau membeli dari teman, tentu kamu bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif. Selain itu, kamu pun suda tahu cara teman kamu memperlakukan kamera lamanya sehingga tak perlu khawatir ada kerusakan mendalam yang disembunyikan.

 

Ilustrasi: Switchback Travel

 

Untuk kamu yang mencari kamera Canon baru, produsen kamera asal Jepang ini memang baru saja meluncurkan Canon EOS M50. Namun, jika ingin membelinya, pastikan dulu Canon M50 memang kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu dan bujetnya pun sesuai dengan anggaranmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *