Macam-Macam Lensa Kamera dan Cara Merawatnya

Kamera merupakan satu alat yang digunakan untuk memotret sebuah objek dalam satu frame. Salah satu kelengkapan kamera yang penting adalah lensa kamera. Lensa ini bagian terpenting karena memiliki peran dalam mengatur cahaya dan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Terdapat beberapa macam lensa yang dapat digunakan sebagai peruntukannya dan pemilihan lensa yang tidak tepat akan membuat kualitas gambar menjadi tidak baik.

Macam-Macam Lensa Kamera dan Cara Merawatnya

Berikut adalah macam-macam lensa diantaranya:

  • Standard lens, untuk menghasilkan sebuah gambar yang seluruhnya mirip dengan apa yang dilihat secara normal, memiliki lebar aperture yang maksimal untuk pencahayaan yang rendah.
  • Wide angle lens, memiliki sudut pandang yang lebih lebar, digunakan untuk memotret sekelompok orang atau ketika bekerja dalam ruang yang terbatas.
  • Zoom lens, memungkinkan menyesuaikan framing subyek secara tepat melalui penyesuaian terhadap focal length pada lensa, memiliki jangkauan 3 hingga 4 lensa fokus tetap dan memiliki rentang aperture variabel.
  • Long focus lens, berguna untuk memotret subyek yang jauh atau ketika tidak dapat bergerak lebih dekat kepada subyek untuk menggunakan lensa yang lebih pendek.

Ada juga jenis lensa kamera yaitu mirror lens dengan kombinasi antara elemen kaca dan cermin untuk membelokkan sinar cahaya yang masuk ke lensa serta berjalan menyusur lara lensa. Wide angle zoom dengan kelebihan mampu mengatur jarak fokus menengah dan cenderung lebih lambat dan lebih berat. Ada juga telephoto zoom digunakan untuk fotografer olahraga dan fotografer satwa liar dan juga digunakan untuk memotret arsitektur dan lansekap secara lebih detil.

Berikut adalah cara merawat lensa diantaranya:

  • Jaga kebersihan lensa, hindari tempat berdebu saat membuka atau mengganti lensa. Sebaiknya menghindari sentuhan atau kontak langsung antara jari atau tangan pada bagian optik lensa. Noda atau bekas akan tertinggal dan membuat bidikan kurang fokus.
  • Gunakan kertas atau kain pembersih khusus saat membersihkan lensa, jangan sembarangan mengelap lensa dan bila perlu menggunakan stik khusus untuk menempelkan ain pembersih lensa dan hindari penggunaan tisu wajah untuk membersihkan lensa.
  • Hindari pergantian suhu ekstrim, untuk keseimbangan suhu untuk tempat penyimpanan lensa harus diperhatikan dan sediaan dry box atau dry cabinet yang khusus dipakai untuk menyimpan lensa.
  • Gunakan filter lensa, pilih filter sesuai kebutuhan, saat berada di lapangan dapat menggunakan filter UV yang bersifat netral.

Baca juga: Beberapa Perawatan Kamera DSLR dan Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Tepat

Selain itu, lensa kamera perhatikan pengaturan AF dan VR yang dimatikan saat kamera dalam keadaan tidak menyala. Sebelum mematikan kamera pengaturannya harus diubah dulu dan mode manual untuk kamera dalam keadaan dimatikan lebih aman. Teliti saat bongkar pasang kamera, jangan sampai lupa menekan tombol kunci untuk menghindari kerusakan lensa dan kamera. Saat kamera tidak digunakan atau disimpan sebaiknya jangan lupa pasang penutup lensa untuk menghindari debu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *